Cara Buat Email Baru Lewat HP ANDROID [Aktifkan Google Play Store]

Cara buat email baru lewat hp Android untuk mengaktifkan atau daftar akun Google Play Store seharusnya Anda tidak perlu menyuruh orang lain. Karena apa? kalau kita sebagai pengguna anyar hp Android terus meminta tolong orang untuk bikin email Google baru, selamannya Anda tidak bisa membuat akun email sendiri.

Padahal kan caranya buat email Google Mail tidak perlu mempunyai laptop atau pc komputer bisa langsung dilakukan lewat hp Android. Sebaiknya sobat mulai belajar dengan mengikuti apa yang sudah kami berikan dari tulisan ini untuk memulai mengaktifkan akun Play Store.

Jika Anda masih ragu untuk membuat akun Google di hp Android secara sendiri, santai saja akan kami tuntun lengkap dengan gambar. Serta lihat tips dari pengalaman pribadi bagaimana cara agar berhasil tambah akun Google baru, contoh membuat password yang kuat itu seperti apa, terus apa fungsi memasukkan nomor telepon saat buat akun Google.

cara buat email baru lewat hp android

Tips dan Contoh Alamat Email Gmail Agar Tersedia

Oke, Anda harus memamahi dari sini dulu kemungkinan apa saja tidak bisa buat email Gmail baru lewat hp, padahal koneksi internet lancar-lancar saja.

  • Saat membuat alamat email Gmail mungkin saja nama yang digunakan sudah di buat oleh orang lain. Karena Google juga tidak menerima nama email yang mirip, lihat contoh alamat email berikut. Misal: algazali@gmail.com sudah Anda daftarkan kemungkian Anda tidak bisa membuat email mirip al.gazali@gmail.com.
  • Jadi untuk bikin alamat email tersedia sobat boleh menambahkan kombinasi angka agar lebih unik dan cepat diterima Google. Contohnya algazali95@gmail.com atau al.gazali803@gmail.com

Cara dan Contoh Membuat Password Email Yang Kuat

Google menyarankan kita untuk buat password Gmail yang kuat, nah maksudnya bagaimana sandi atau password untuk email yang kuat itu.

  • Dalam membuat kata sandi akun Google syarat utamanya adalah berjumlah 8 karakter, sebenernya hanya itu saja.
  • Namun untuk mengisikan password yang bersatus kuat atau rumit, kita harus menambah gabungan angka dan simbol khusus. Tapi tidak berhenti disini saja, harus tetap bisa dibaca dan mudah di ingat.
  • Contoh password Gmail kuat: KMU&4koe (kalau dibaca kamu dan aku) delapan karakter tapi kuat kan, jangan menggunakan format bahasa yang benar dari kamus bahasa Indonesia, saran gunakan bahasa daerah jauh lebih baik.

Apa Fungsi Memasukkan Nomor Telepon saat Buat Email?

Menambahkan nomor telepon fungsinya untuk verifikasi akun email Gmail atau Yahoo dalam proses pendaftaran akun baru. Khususnya untuk akun Gmail ini sangat bermanfaat sebagai cara mengganti password Gmail dengan nomor hp. Biasanya ini diistilahkan dengan nomor ponsel pemulihan akun.

Meskipun langkah ini tidak wajib Anda isikan bisa saja dilewati dan memasukkan nomor telepon di Gmail kemudian hari. Tapi kalau saya biasanya sekalian mengisi saat proses daftar akun email baru lalu selalu menyempatkan waktu untuk menggantinya jika ganti nomor hp.

Cara Buat Email Baru Lewat Hp Android

Jika Anda sudah membaca tips dari uraian diatas tentang bikin alamat email tersedia, password Gmail yang kuat dan mengisi atau tidaknya nomor telepon. Sudah yakin kan? sekarang langsung menuju inti dari panduan cara buat email baru lewat hp Android sendiri.

Note: Untuk materi cara buat email lewat hp ini saya ambil dari Screenshot Xiaomi Redmi 3 Pro, namun jika sobat juga memiliki Android versi Lolipop sama saja. Jika hp Anda masih dengan OS Android KitKat ke bawah ikuti caranya daftar email di tautan.

  1. Pastikan dulu hp sudah konek internet entah dari paket data atau wifi lalu buka tautan berikut ini dari hp Android Anda: link Sign Up Gmail
  2. Jika sobat membuka link tautan di atas melalui hp Android akan otomatis di arahkan ke laman awal tekan tombol Atau buat akun baru.
    cara buat email baru lewat hp android
  3. Kemudian akan muncul dua kolom untuk memasukkan nama depan dan belakang. Sebaiknya pakai nama asli saja biar nanti tidak bingung mencari nama akun Google yang lupa. Karena ini sebagai contoh daftar email saja maka saya buat nama seperti ini.
    cara buat email baru lewat hp android
  4. Pada langkah selanjutnya sobat hanya perlu mengatur Hari, bulan, dan tahun kelahiran serta Jenis kelamin.
    cara buat email baru lewat hp android
  5. Nah, dari langkah inilah intinya jika Anda sudah baca di atas maka akan mengerti trik membuat alamat email yang langsung tersedia. Ingat tuliskan tanpa spasi, soalnya Google hanya menerima tanda titik sebagai pemisah nama alamat email Gmail.
    cara buat email baru lewat hp android
  6. Kalau sudah berhasil tersedia, buruan buat password dengan saran dari uraian di atas agar kuat (rumit) dan aman dari orang usil untuk akun Gmailmu.
    cara buat email baru lewat hp android
  7. Lanjutkan dengan mengisikan nomor hp yang aktif tidak dalam masa tenggang. Biarkan setelan kode nomor ke ID saja. Kalau sudah yakin nomor hp yang di masukkan benar langsung tekan Verifikasi.
    cara buat email baru lewat hp android
  8. Tunggu sebentar untuk menerima SMS dari Google yang berisi kode 6 angka, lalu masukkan kedalam kolom yang disediakan.
    cara buat email baru lewat hp android
  9. Dari laman syarat dan layanan sesuaikan saja dengan contoh gambar berikut ini.
    cara buat email baru lewat hp android
  10. Siapkan info pembayaran lain kali saja.
    cara buat email baru lewat hp android
  11. Selamat akun email baru sudah selesai di buat. Jika dibuka lewat hp android melalui aplikasi Gmail tampilan akan terlihat kayak gini.
    cara buat email baru lewat hp android
  12. Buka aplikasi Play Store di Android sobat lalu masuk dengan akun Google tersebut.
Setelah selesai mengikuti cara buat email baru lewat hp, sobat tidak perlu lagi pergi ke rumah tetangga atau menanyakan pada teman seperti apa langkah-langkah daftar Gmail di hp Android. Selain itu sobat bisa masuk ke berbagai produk aplikasi Google.
Misalnya untuk membuat akun Google Drive di Android yang fungsinya untuk menyimpan data dan mengirim file ukuran besar lewat email. Atau untuk mengganti email Facebook jika sobat mendaftar hanya dengan nomor hp saja.