Buat Akun Google Di Redmi Note 5A Prime atau Xiaomi MIUI 9

Bagaimana cara membuat akun Google di hp Redmi Note 5A Prime? Pertanyaan yang sering terdengar jika pertama kali memakai Xiaomi seri tsb. Padahal hal itu sama saja dengan handphone Android merk lainnya. Namun yang membedakan adalah tampilan menu daftar akun Google dari OS Android lama ke versi baru.

Memang kalau saya amati ada perbedaan menu masuk akun Google di Android versi Nougat dari versi Mashmallow, Lollipop dan KitKat. Begitupun dengan versi MIUI dari MIUI 7, 8, dan MIUI 9 akan beda tampilannya. Dengan begitu teman-teman akan saya beri contoh bikin akun Google di hp Xiaomi Note 5A Prime dengan MIUI 9.

buat akun google di redmi note 5a prime xiaomi miui 9

Namun sebelum membuat akun Google baru kamu bisa perhatikan beberapa tips berikut ini, agar akun selalu aman dan berhasil mendaftar akun Gmail di Xiaomi-mu:

  • Menurut saya menggunakan nama asli akan lebih baik untuk akun Gmail dibandingkan jika kita memakai nama asal-asalan. Karena itu akan membantu kita jika lupa nama akun Google disaat hp bermasalah misal reset setelan pabrik khususnya Lollipop ke atas. Berjaga-jaga jika hp Android meminta masuk dengan akun Google lama / akun yang pertama kali di buat.
  • Pastikan jaringan internet yang kamu gunakan stabil waktu daftar akun sehingga tidak gagal.
  • Demi keamanan lengkapi opsi pemulihan akun dengan nomor telepon atau email pemulihan. Karena hal ini berfungsi kalau lupa kata sandi akun Google atau email Gmail caranya disini . Sebaiknya kamu harus selalu menjaga no hp di akun Google selalu aktif (tidak mati). Kalau ganti nomor, segera mengganti nomor di akun Google.
  • Jangan membuat password Gmail yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir, nomor rumah, no kendaraan dan sejenisnya, untuk memahami lebih lanjut baca disini

Buat Akun Google Di Redmi Note 5A Prime atau Xiaomi MIUI 9

Baiklah sekarang mari mengikuti langkah-langkah membuat akun Google di Redmi Note 5A Prime. Semoga panduan ini berguna untuk pengguna baru atau teman-teman yang tidak bisa menambah akun Google di Xiaomi setelah ikuti flash sale karena hp ini saya dapatkan dari flash sale Shopee

I. Sebagai langkah yang paling awal, tentunya silahkan masuk ke menu “Setelan” di hp Xiaomi yang kamu gunakan untuk membuat akun Google. Saya bisa pastikan teman-teman sudah membeli kuota internet.

buat akun google di xiaomi

II. Kemudian kamu bisa mengikuti langkah dari contoh gambar yang paling kiri ke kanan: Kalau sudah berada di menu Setelan maka pilih “Sinkron” > “Tambah” > “Google”

cara membuat akun google redmi note 5a prime

III. Dengan begitu Xiaomi akan mengarahkanmu ke halaman masuk akun Google, kamu hanya bisa melihat kata “Email atau ponsel”. Ini artinya jika kamu ingin masuk dengan akun Gmail yang sudah pernah kamu punya. Nah, karena ingin membuat akun baru silahkan menekan tombol “Opsi lainnya” lalu sentuh “Buat akun”

cara membuat akun google xiaomi miui 9

IV. Lanjutkan dengan mengisi kedua kolom nama depan dan nama belakangmu dengan nama asli sesuai dengan tips diatas. Kalau sudah membaca artikel ini dari atas, akan paham fungsinya apa. Jika sudah tekan tombol “Berikutnya”

cara menambah akun google di hp xiaomi

V. Lalu silahkan melanjutkan dengan mengisi tanggal lahir dan memilih jenis kelamin. Kalau umur belum genap 13 tahun, sesuaikan saja tahunnya agar melebihi umurmu. Sentuh “Berikutnya”

cara membuat email baru lewat hp xiaomi

VI. Pilih cara Anda masuk akun Google! dari halaman ini adalah menentukan dengan alamat email atau dengan nomor hp untuk daftar dan masuk akun.

contoh email di android xiaomi

Penting: Saya sarankan dengan buat alamat Gmail menggunakan namamu atau jika tidak tersedia silahkan memilih saran dari Google. Biasanya kalau pilih salah satu saran maka alamat email langsung tersedia.

VII. Kemudian buatlah kata sandi yang rumit dan mudah diingat minimal 8 karakter. Bagaimana caranya? sederhana saja kamu bisa memakai bahasa daerahmu (pakai huruf besar & kecil lalu ditambah angka dan simbol). Contoh sandi akun Google kuat & mudah diingat: JUNGk@55

cara membuat kata sandi akun google

VIII. Silahkan masukkan nomor hp permanen (bukan yang sekali buang) karena nomor ini bermanfaat untuk mengatur ulang kata sandi akun Google yang lupa. Ketik tanpa angka nol ya! karena sudah otomatis terpilih kode negara Indonesia.

cara verifikasi akun google dengan no telepon

IX. Dari contoh buat akun Google kali ini saya menggunakan nomor telepon di kartu SIM kedua pada hp Xiaomi Note 5A Prime saya. Dengan begitu verifikasi kode dari no telepon secara otomatis, jadi tidak perlu membuka SMS lalu memasukkan kode manual.

cara daftar akun gmail xiaomi redmi note 5A

X. Pada tampilan privasi dan persyaratan, langsung saja geser layar hp ke atas temukan tombol “Saya setuju”

bikin akun google lewat hp

XI. Lanjutkan dengan menekan “Berikutnya” pada tampilan seperti gambar ini. Karena ini hanya menunjukkan alamat email dan sandi telah dibuat.

menambah akun google baru xiaomi

XII. Kemudian tunggu sebentar Google sedang memerika info dan pada tampilan selanjutnya, ini terserah kamu mau setel otomatis mencadangkan data perangkat atau tidak. Kalau saya saya matikan semua baik “Selalu kabari saya” dan “Pencadangan otomatis.

tidak bisa menambah akun google xiaomi

Cara Mengaktifkan Email Gmail Baru lewat Hp Xiaomi

1. Lanjutkan dengan membuka aplikasi Gmail, kalau di Redmi Note 5A Prime saya harus pergi ke menu “Google” di layar utama.

cara mengaktifkan akun google xiaomi baru

2. Lalu klik ikon amplop putih dan merah, lewati ucapan selamat datangnya

cara mengaktifkan email di hp xiaomi

3. Kemudian ikuti seperti gambar berikut untuk mengaktifkan email Gmail di Android Xiaomi.

cara membuka email di gmail lewat hp mi xiaomi

Cara Mengaktifkan Akun Play Store di Hp Xiaomi

1. Selanjutnya, kita harus mengaktifkan aplikasi Play Store dengan menekan ikonnya.

cara mengaktifkan akun playstore

2. Lalu pilih akun Google yang telah selesai dibuat tadi, dengan begitu akun Playstore sudah aktif dan siap digunakan untuk download.

cara mengaktifkan akun play store xiaomi note

Seperti itu lah, tahap atau langkah-langkah yang harus dilakukan saat aktifkan hp Android baru merk Xiaomi. Selain itu sebaiknya kamu juga membuat akun MI untuk menikmati berbagai layanan Xiaomi. Contohnya: download tema di MI themes, melacak Xiaomi hilang dengan Find Device, bertanya jawab di forum MIUI atau MI community dll.