Cara Menggandakan Aplikasi di Xiaomi Redmi Note 5 Prime

Fitur aplikasi ganda Xiaomi sangat memberikan manfaat yang lebih bagi pengguna yang memang punya keperluan pekerjaan atau sekedar bermain-main. Nah untuk cara menggunakan 2 aplikasi secara bersama di satu hp Android yang sama, sebelumnya pengguna harus instal aplikasi tambahan pihak ketiga. Namun sekarang Xiaomi telah mengeluarkan fitur yang sangat membantu untuk membuat aplikasi ganda berjalan di dalam smartphone sama.

Manfaat Aplikasi Ganda Xiaomi 

Apa saja manfaat dari fitur terbaru MIUI 8 dan MIUI 9 ini? teman-teman bisa membaca informasi berikut ini. Sebelum lanjut untuk setting aplikasi ganda di Xiaomi kesayangan.

  • Dapat digunakan untuk membuka dua aplikasi social media seperti Instagram, Facebook, WhatsApp dalam waktu bersamaan
  • Menghemat kuota karena tanpa download ulang aplikasi yang mau diduplikat
  • Loading lebih cepat jika dibandingkan dengan menginstal aplikasi pengganda pihak ketiga
  • Dapat dipakai untuk mengelola akun toko online secara banyak seperti ketika berjualan lewat aplikasi Bukalapak, Lazada, Shopee dan sejenisnya
  • Navigasi semakin cepat, jadi kita bisa berpindah-pindah aplikasi secara cepat 
Cara Menggandakan Aplikasi di Xiaomi Redmi Note 5 Prime

Sebagai contohnya saya akan memberikan cara menggandakan aplikasi di Xiaomi redmi note 5 Prime dengan versi MIUI 9. Pastikan teman-teman sudah menyiapkan aplikasi yang ingin digandakan atau di clone.

Cara Menggandakan Aplikasi di Xiaomi

Berikut ini setelan yang harus dilakukan ketika kita mengaktifkan aplikasi ganda di perangkat hp Xiaomi. Yuk ikutin aja panduan yang lengkap beserta petunjuk gambar ini!

1. Silahkan cari menu pengaturan telepon (Setelan) di Xiaomi-mu. Biasanya ditandai dengan ikon roda gigi seperti contoh gambar ini.

aplikasi ganda xiaomi redmi note 5 prime

2. Langkah selanjutnya adalah menemukan menu “Aplikasi ganda” di bagian bawah layar hp pada bagian Setelan Aplikasi.

aplikasi ganda xiaomi redmi note 5 prime

3. Kemudian pilihlah aplikasi yang ingin kamu gandakan, namun hanya beberapa aplikasi saja yang mendukung untuk fitur aplikasi ganda. Pada contoh saya akan menggandakan WhatsApp, lalu tunggu sebentar saat proses “Membuat aplikasi ganda…” sedang berjalan.

cara menggandakan aplikasi di miui 8 atau miui 9

4. Silahkan pilih “Hidupkan” jika muncul tampilan mengenai dukungan dari layanan Google.

cara menggandakan aplikasi di miui 9

5. Dengan hasil akhirnya seperti screenshot ini, nah untuk menggunakan app WA yang kedua pastinya kamu harus daftar akun WhatsApp ikuti caranya disini

aplikasi ganda xiaomi miui 9

Kekurangan fitur Aplikasi Ganda Xiaomi

Selain manfaat yang dapat kita gunakan dari uraian di atas, ada juga kelemahan yang perlu kamu ketahui dari Dual Apps Xiaomi.

  • Bikin smartphone Xiaomi kita menjadi agak lemot jika memori penyimpanan dan RAM memang terlalu kecil. Tipsnya jika ROM dibawah 16Gb maka cukup gandakan aplikasi 1 saja, misalnya Facebook saja. Jadi bisa terhindar dari notifikasi “Ruang penyimpanan hampir habis”
  • Kuota internet akan menjadi agak boros karena semakin banyak aplikasi yang bekerja di hp Xiaomi tersebut.

Seperti itulah kelebihan manfaat dan kekurangan fitur aplikasi ganda Xiaomi yang dapat saya informasikan untuk MI fans. Nah kalau untuk menghapus aplikasi ganda di Xiaomi maka kamu tinggal masuk ke Setelan > Aplikasi ganda > pilih aplikasi yang sudah digandakan lalu matikan tombolnya. Lihat juga fitur-fitur menarik dari perekam video Xiaomi