Cara Membuat Email Baru Di Hp Android dan Tips Daftar Gmail

Bagaimana cara membuat email baru di hp Android, pertanyaan ini yang banyak terlontar bagi pemilik handphone Android baru. Apalagi untuk sobat yang awalnya pegang hp dengan OS Symbian, Blackberry, Windows, iOS atau OS lain selain Android yang baru saja beralih.

Sebenarnya, langkah membuat email baru ini sudah banyak bertebaran di blog tutorial yang lain, namun saya akan menjelaskan kepada sobat dengan penyampaian yang beda dengan tips daftar Gmail yang saya uraikan di bagian bawah.

Panduan ini saya jelaskan disertai gambar agar lebih simpel dan mudah dipahami apapun merk hp Android sobat mulai dari Samsung, Oppo, Lenovo, Asus, Andromax Smartfren, Xiaomi, Advan dll.

Jika hape Android sobat Samsung Galaxy coba lihat panduan dengan sreenshot untuk buat akun Google baru brand tersebut.

Namun biasanya yang membedakan hanya pada langkah awal saja, hal ini bisa disesuaikan atau pilih tautan alternatif yang saya sediakan sehingga akan langsung diarahkan ke kolom buat Gmail lewat hp Anda.

Fungsi email Gmail pada Smartphone Android

Sebelum memulai membuat akun Gmail baru, sobat setidaknya memahami dulu apa fungsi email Gmail pada Android yang biasanya disebut sebagai Akun Google.

cara membuat email di google

Kenapa akun email Gmail ini sangat penting pada Android? kok bukan email lain seperti ; email Yahoo, email Hotmail atau layanan akun email gratis lain.

Email Gmail tersebut berguna untuk masuk ( login ) Play Store dan aplikasi Google lainnya. Karena hape Android baru sobat belum terinstal aplikasi lain selain aplikasi bawaan baik app social media atau game favorit. Maka untuk download-nya harus melalui Play Store ( sebuah toko aplikasi di Android ).

Baca artikel ini kalau sobat masih belum paham cara membuat akun Google Playstore atau sinkronisasi yang bisa dilakukan setelah proses pendaftaran Gmail.

Sinkronisasi Masuk ke Semua Produk Google

Akun Gmail mempunyai kelebihan dengan akun email yang lain. Satu akun Gmail berguna untuk akses ke produk-produk Google yang lainnya. Artinya ketika sobat sudah memiliki satu akun email Gmail, nantinya bisa digunakan untuk sinkronisasi ( pengaitan ) ke semua produk Google seperti Youtube, Google Drive, Google +, Google Maps dll.

Contoh : Saat kita ingin membuat akun Mobile Legends baru pastinya harus men-download game terlebih dahulu kan. Lalu bagaimana kalau kita belum memiliki akun Gmail? pasti tidak bisa login Playstore dan tentunya tidak dapat sinkron akun ke Google Play Game.

Langkah Mendaftar Email di Gmail lewat Hp Android

Langsung saja kalau sudah paham tentang Gmail pada uraian di atas. Simak dan praktekkan cara daftar email baru di hp Android berikut. Dengan catatan hape sobat sudah terkoneksi dengan jaringan wifi internet, atau sudah mempunyai paket internet kartu Simpati, XL, Smartfren atau provider lain :

NB: Untuk tampilan baru membuat akun Google hp Android versi Nougat lihat disini

1. Langkah awal untuk buat akun Gmail lewat hp, sobat bisa masuk:

  • Setting / Pengaturan / Setelan (cari di menu utama Android)
  • Cari pada bagian Akun dengan menggeser layar ke atas.
cara-membuat-email-gmail-baru-di-hp-android

2. Selanjutnya sobat diarahkan pada beberapa pilihan akun yang akan ditambahkan

  • Klik Tambah
contoh alamat gmail

3. Langkah berikutnya pilih icon Google

  • Masuk disitu, perhatikan gambar
cara-membuat-email-baru-di-hp-android-xiaomi



Alternatif: Bila masih bingung tidak menemukan dengan cara di atas lebih cepatnya masuk ke https://accounts.google.com/SignUp. Jika dibuka lewat Android maka kita akan otomatis diarahkan ke halaman buat akun Google baru.

4. Lanjut pada langkah mendaftar Gmail yang berikutnya di halaman “Tambahkan Akun Google” :

buat akun gmail lewat hp
  • Pilih Baru

5. Setelah itu isikan Nama Anda dengan data pribadi untuk email baru

cara buat email baru
  • Pada kolom nama depan isikan dengan nama depan asli
  • Di kolom nama belakang isikan nama belakang asli
  • Lalu sentuh tombol BERIKUTNYA seperti contoh yang saya lingkari

6. Pada langkah ini sobat diharuskan Pilih nama pengguna yang disarankan namun bisa di tulis sendiri tanpa spasi. Lihat tipsnya bagaimana untuk mengisi nama pengguna…!

langkah membuat email di gmail

Tips : Apabila sobat memasukkan nama email, tapi alamat Gmail gagal di buat saat mendaftar (nama pengguna tidak tersedia). Masukan kombinasi angka dibagian belakang atau misal huruf vocal diganti dengan angka agar mudah diingat ex: [email protected]

  • Kalau sudah sentuh tombol BERIKUTNYA / perhatikan gambar yang dilingkari

7. Silahkan tunggu system Google akan Memeriksa ketersediaan

8. Setelah tersedia silahkan Buat sandi

  • Usahakan kata sandi yang di masukkan berstatus kuat (kombinasi huruf, simbol atau angka namun masih tetap bisa dibaca dan agar tidak lupa sandi Gmail nantinya)
  • Lalu sentuh tombol BERIKUTNYA
tidak bisa membuat akun gmail

9. Siapkan opsi pemulihan pada tahap ini adalah hal yang sangat penting untuk mengatasi akun Gmail saat lupa sandi dan untuk keamanan akun

bikin akun baru google
  • Masukkan no hp aktif sobat, atau yang saat ini digunakan
  • Isikan alamat email pemulihan akun : isi dengan email lain yang dapat terus diakses. Boleh Yahoo mail yang sudah dibuat sebelumnya dan jangan sekali-kali mengisi dengan email utama. Ini berfungsi untuk menyetel ulang sandi email ketika lupa. Namun bisa saja dilewati pada proses ini karena langkah ini tidak wajib dapat di setel belakangan caranya ditautan edit opsi pemulihan akun Google.

10. Layanan Google

  • Uncek ( hilangkan tanda cek) “ Selalu kabarkan berita dan penawaran terbaru dari Google Play “ jika berminat boleh di centang.

11. Tuntaskan Akun halaman ini adalah Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google

buat alamat google
  • Pada langkah mendaftar email baru yang ini pilih Saya setuju

12. Google akan mengirim SMS kode verifikasi biasanya ada 6 digit angka.

CMMA BLOG News | Cara Membuat Email Baru Di Hp Android dan Tips Daftar Gmail
  • Masukkan kode lalu sentuh tombol Verifikasi dan akun Gmail baru siap digunakan untuk membuat akun Google Play Store, Google Drive dll. 

Referensi bacaan : Bagaimana cara mengelola, setelah membuat email baru di HP Android Xiaomi ?

Tips Agar Berhasil Mendaftar Email Baru di Android, sebaiknya :

  • Gunakan koneksi internet yang stabil tidak harus mendapatkan sinyal 4G saja namun hanya dengan sinyal 3G atau Edge pun bisa seperti gambar di atas, asalkan jaringan pada ponsel tidak putus-putus.
  • Penulisan alamat email atau nama pengguna agar tersedia gunakan kombinasi tgl lahir, angka kesukaan, nomor rumah, dll.
  • Gunakan nomor telepon yang belum dipakai untuk daftar Gmail lain tapi jika masih bisa digunakan verifikasi tidak jadi masalah.

Sekian cara daftar email Gmail via hp yang saya buat menggunakan Xiaomi Redmi Note 4G. Tapi pada dasarnya langkah daftar email di Gmail ini sama saja, yang membedakan hanya tampilan pada tahap awal di Pengaturan Telepon.

Bisa di sesuaikan saja dengan perangkat Android merk lain toh masih satu keluarga ber-OS Android kan. Sekian dan semoga bermanfaat.