Cara Membuat Blog di Blogspot Untuk Pemula Yang Menarik

Panduan cara membuat blog di Blogspot untuk pemula yang menarik, kali ini saya bagikan lengkap dengan gambar agar mudah untuk diikuti. Sudah banyak memang tutorial seperti ini pada “ Blog How To” yang bertebaran di internet. Tetapi melalui artikel ini saya akan jelaskan dari tahap awal pembuatan, setelan penting Blogger, dan manfaat membuat blog di Blogspot.

Blogspot adalah salah satu layanan blog gratis yang disediakan Google yang berguna untuk posting berbagai konten teks, gambar, video. Setelah diakuisisi oleh Google, Blogger.com semakin berkembang pesat dan sekarang telah menjadi anak kesayangan dari mesin pencari Google.

CMMA BLOG News | Cara Membuat Blog di Blogspot Untuk Pemula Yang Menarik
Cara Membuat Blog di Blogspot

Bagaimana cara bikin blog? Pertanyaan ini sering saya dengar ketika berada di hotspot wifi.id Telkom. Gampang, tidak lebih dari 15 menit maka sobat akan punya blog dengan mengikuti cara membuat blog gratis simpel berikut.

Blog lebih bersifat personal atau tempat curhat remaja tetapi pada perkembangannya blog menjadi sarana membagikan pengetahuan, pengalaman atau keahlian sesuai penulis konten blog tersebut. Seperti pada blog cara daftar membuat mengatasi akun ini adalah media untuk membagikan tutorial contoh daftar, cara membuat dan solusi akun.

Manfaat dan kelebihan membuat blog di Blogspot

  • Navigasi dashboard yang mudah dan sangat cocok untuk pemula yang lagi belajar cara membuat blogspot. Meski kalian tidak tahu menahu tentang script html, script php, script-script lain yang bikin kepala pusing, kalian sudah bisa membuat dan memiliki blog.
  • Hosting yang diberikan gratis tanpa bayar seumur hidup, apa itu hosting? Hosting adalah server yang dibuat untuk menyimpan data blog. Nah enak kan tanpa ribet mikirin harus bayar hosting tiap bulan, meskipun dapat di konfigurasikan dengan self hosting berbayar pada tingkat professional.

Cara Membuat Blog di Blogspot Untuk Pemula Yang Menarik

Sebelum memulai membuat blog di blogspot ini sebaiknya kamu menyiapkan laptop dan jaringan internet yang stabil. Bisa juga kamu menggunkan hotspot yang diambil dari handphone Android yang kamu punya setelah itu kamu bisa mulai melangkah.

Step 1:
Langkah awal cara buat blog adalah buka tautan blogger.com dan pastikan sobat sudah mempunyai akun email gmail. Kalaupun belum punya bisa simak cara membuat email Gmail dengan benar.

CMMA BLOG News | Cara Membuat Blog di Blogspot Untuk Pemula Yang Menarik

Step 2:
Masuk ke akun Google dengan alamat Gmail dan kata sandi. Setel bahasa Indonesia terlebih dahulu agar lebih mudah.

Step 3:
Selanjutnya sobat akan dihadapkan dengan tampilan halaman utama Blogger. Klik Blog Baru 

CMMA BLOG News | Cara Membuat Blog di Blogspot Untuk Pemula Yang Menarik

Step 4:
Pikirkan ide judul blog dan Alamat url, lalu isikan Judul blog dikolom atas dan url blog di kolom bawah. Ketik url yang sekirannya belum dipakai orang lain dan dalam penulisan url tidak boleh ada spasi, sampai berstatus Alamat blog ini tersedia.

Seperti pada contoh tugaskelasinformatika.blogspot.com Pilih salah satu template yang disediakan Blogger. Selanjutnya klik Buat blog

CMMA BLOG News | Cara Membuat Blog di Blogspot Untuk Pemula Yang Menarik

Step 5:
Selanjutnya terdapat banyak menu pada dashboard Blogger. Tenang jangan binggung saya akan jelaskan secara singkat menu tersebut melalui gambar:

CMMA BLOG News | Cara Membuat Blog di Blogspot Untuk Pemula Yang MenarikEntri baru  : Tombol untuk membuat konten artikel, gambar, video
Ikhtisar   : Merupakan pemberitahuan dari Google tentang info akun
Pos   : Adalah menu tentang daftar postingan yang telah di publikasikan atau belum
Laman   : Ini adalah menu untuk membuat halaman baru
Komentar  : Untuk moderasi komentar yang masuk
Google+    : Tombol untuk sinkronisasi dengan profil google plus
Statistik     : Melihat jumlah pengunjung blog dari menu ini
Kampanye : Untuk membuat iklan google adsense
Tata Letak : Ini adalah menu layout dari blog untuk mengatur tata letak widget
Template    : Digunakan untuk merubah template atau edit html
Setelan       : Menu untuk setelan dasar blog, seperti nama blog, diskripsi, edit url dlsb

Step 6:
Untuk menambahkan deskripsi blog masuk ke Setelan > Dasar > Deskripsi > Simpan perubahan

CMMA BLOG News | Cara Membuat Blog di Blogspot Untuk Pemula Yang Menarik

Step 7:
Untuk membuat postingan baru klik tombol Entri baru dan perhatikan contoh posting artikel pada gambar berikut ini. Lengkapi judul artikel, lalu masukkan label atau kategori artikel tambahkan juga gambar di dalam postingan blog.

CMMA BLOG News | Cara Membuat Blog di Blogspot Untuk Pemula Yang Menarik

Untuk cara membuat blog di blogspot yang menarik kamu bisa terus menulis artikel sesuai minat dan keinginan kamu agar nanti tidak putus ditengah-tengah perjalanan ngeblognya. Apabila masih belum paham bisa tinggalkan komentar dibawah. Nanti kita pecahkan bersama jika ada kendala dalam proses pembuatan. Semoga menjadi tutorial yang membantu untuk pemula bisa digunakan untuk membuat blog tugas di sekolah, kampus dan kegiatan serta blog pribadi.