Cara Membuat (Setting) Email Pemulihan Akun Google

Akun Google merupakan alamat email yang digunakan untuk akses ke semua produk yang dimiliki Google. Apa kaitan akun Google dengan email pemulihan dan bagaimana cara mengetahui bahwa akun Google tersebut telah mempunyai recovery email.

Melalui artikel ini saya akan mencoba memberikan secuil pengetahuan tentang kegunaan, kelebihan, dan cara setting (setel) email pemulihan tersebut. Mungkin ini bermanfaat bagi anda yang secara kebetulan membutuhkan informasi tentang cara membuat atau setting email pemulihan Akun Google serta apa arti email pemulihan ?

email pemulihan akun gmail

Kalau nanti anda sudah mengetahui fungsi / manfaat email pemulihan ini, maka anda akan lebih memperhatikan saat daftar email baru sehingga kedepannya akun Google dan dokumen penting anda bisa lebih terjaga keamanannya atau bisa segera menambahkan email pemulihan jika memang belum ada.

Karena secara tidak sadar kadang kita merasa teledor, atau memang memiliki sifat pelupa. Misalnya disaat yang penting dan atau saat yang dibutuhkan lalu disaat itu pula anda mengalami lupa sandi gmail, nah apa yang akan dilakukan kalau seperti ini..?

Kegunaan recovery email (Email pemulihan) pada Akun Google

  • Memberikan alternatif untuk akses ketika lupa kata sandi Gmail selain lewat nomor telepon pemulihan. Contoh yang sering terjadi ketika ingin melakukan reset password Gmail tapi nomor hp sudah tidak aktif lagi atau hilang. Apakah anda akan mengurusnya ke kantor grapari seluler SIM Card milik anda? Cara ini tidak efisian kan. Iya kalau anda pas registrasi kartu telepon menggunakan data sesuai KTP, SIM, atau paspor.
  • Memberikan kemudahan untuk memulihkan akun Google yang tidak dapat diakses atau Gmail terkunci. Kadang dalam akun Google tersebut menyimpan dokumen foto, video, file arsip penting lainnya tapi akun sudah tidak dapat diakses lagi karena pada proses awal daftar email, anda tidak mengisikan recovery email dan nomor telepon sudah tidak aktif lagi. Kalau sudah seperti ini bisa berabe.

Kelebihan Recovery email (Email pemulihan) pada Akun Google

  • Dibandingakan dengan menggunakan nomor ponsel untuk pemulihan akun Google jauh lebih efektif dengan alamat email pemulihan. Dengan catatan anda masih dapat akses ke email pemulihan tersebut secara berkelanjutan, dengan kasus lain nomor yang di gunakan saat pendaftaran email memang sudah tidak aktif lagi.
  • Lebih terjaga dalam jangka waktu yang lama. Mengapa demikian? karena email pemulihan tersebut tidak ada masa berlakunya. Tidak seperti kartu telepon, apalagi untuk orang yang suka ganti kartu.

Tips: Untuk menambahkan email pemulihan jangan menggunakan email kantor atau email sekolah sebaiknya gunakan email pribadi (Yahoo atau Gmail lain). Hal ini untuk mencegah terjadinya salah guna oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cara Mengetahui dan Setting Email Pemulihan Akun Google

1. Lakukan settingan awalnya yaitu login dulu pada Gmail dengan membuka url www.gmail.com lewat browser di pc komputer Anda atau sudah masuk dengan Gmail lewat aplikasi Google Chrome di Android / iPhone.

2. Lalu buka tautan halaman pemulihan Akun Google

3. Maka anda akan diarahkan pada tampilan halaman Akun Saya (My Account)

Halaman Akun Saya ini adalah sebuah setelan dan alat untuk mengelola akun Google sehingga anda dapat mengamankan data, melindungi privasi, dan setting infomasi pribadi akun layanan produk google.

Terdapat tiga menu utama di halaman Akun Saya Google:

  • A. Masuk & keamanan (Sig-in & Security) : berguna untuk megontrol kata sandi dan setelan akun
  • B. Info & privasi pribadi (Personal Info & privacy) : pada menu ini berfungsi untuk menyetel info tentang data pribadi anda dan privasi akun
  • C. Preferensi akun ( Account Preferances): di menu yang ini adalah untuk menyetel bahasa dan setelan yang dapat membantu menggunakan produk Google lainnya

cara menambahkan email pemulihan

4. Perhatikan pada ikon gembok pada gambar diatas, klik pada menu Masuk & keamanan (Sign-in & security)

5. Setelahnya anda akan dibawa pada tampilan bertikutnya maka lihat pada bagian kanan, lalu scroll ke bawah sampai melihat Opsi Pemulihan Akun (Account recovery options) tanda angka 1

cara mengganti nomor telepon di gmail

6. Klik pada bagian Email pemulihan, google akan meminta anda untuk memasukkan kata sandi email. Ini memastikan kalau anda adalah pemilik atau orang yang berhak akses ke akun Google. Untuk ganti (edit) atau menambahkan email pemulihan Gmail juga pada kolom tersebut.

7. Klik Selesai (Done) maka anda akan dibawa kembali ke halaman sebelumnya yaitu Akun Saya. Dan sampai pada tahap ini email pemulihan berhasil ditambahkan.

email pemulihan google

Cara Menambahkan Nomor Telepon Pemulihan Akun Google (Gmail)

Lakukan update pada opsi ini jika nomor hp anda ganti. Dan jika memang pemulihan akun Google dengan metode nomor telepon tersebut dianggap sebagai opsi yang penting pula.

A. Pada gambar diatas perhatikan untuk Telepon pemulihan  (Tanda angka 2) dan klik pada menu tersebut untuk mengganti.
B. Lakukan langkah seperti saat anda melakukan cara edit dan menambahkan email pemulihan di atas.

Demikian artikel tentang cara membuat, menambahkan, setting, edit email pemulihan dan telepon pemulihan pada akun Google. Jika memang info ini bermanfaat bagi anda dan sahabat anda yang lain gak ada salahnya untuk share artikel ini ke akun sosial media untuk mereka biar kita sama-sama belajar. Selamat mencoba.