Cara Setel Nomor Ponsel dan Email Pemulihan Akun Yahoo Baru

Apa Manfaat ? Serta bagaimana cara? menambahkan nomor telepon dan alamat email pemulihan akun Yahoo

Email pemulihan (alternatif email) adalah alamat email yang digunakan menerima link untuk mengubah saat lupa kata sandi. Cara membuat atau setel nomor ponsel dan email pemulihan akun Yahoo memang sering kita abaikan saat daftar akun baru, bagi yang belum tahu kelebihan dan kekurangan boleh dibaca lebih lanjut.


Seberapa penting sih email pemulihan pada akun Yahoo? Menurut saya sangat penting sekali karena ini berfungsi memudahkan kita di kemudian hari jika mengalami lupa kata sandi Yahoo. Meski ada cara reset password Yahoo dengan nomor ponsel dan pertanyaan rahasia (sayangnya metode ini sudah tidak bisa dipakai lagi).



setup email pemulihan yahoo



Prosedur dan cara membuatnya hampir mirip dengan email pemulihan akun Google, kita boleh menggunakan alamat email pribadi yang lain, baik dari ekstensi @yahoo.co.id / @gmail.com / @outlook.com atau @hotmail.com terserah asalkan masih dapat mengakses ke akun secara terus menerus.



Manfaat email pemulihan



Berbagai upaya dari pengembang layanan webmail untuk melindungi pengguna dari orang yang mencoba membobol password email. Lapisan perlindungan tersebut bisa kita manfaatkan sepenuhnya. Seperti verifikasi 2 langkah akun Yahoo, pelajari bagaimana cara mengaktifkannya?



Alamat email alternatif yang digunakan untuk pemulihan akun Yahoo ini merupakan metode yang saya sukai. Karena kita hanya perlu ingat alamat email dan sandi email pemulihan tersebut, maka dengan mudah nya untuk mengembalikan Yahoo Mail yang terkunci atau lupa kata sandi. 



Lain halnya dengan nomor ponsel pemulihan, kalau kita lupa setel ulang ketika nomor telepon yang kita gunakan hilang atau tidak aktif lagi, ini menurut saya akan merepotkan. Tapi tidak ada salahnya jika Anda ingin mengisikan telepon pemulihan Yahoo yang bisa dibuat cadangan.



Cara Setel Email Pemulihan Akun Yahoo



Jika sudah membaca manfaat yang telah saya uraikan diatas, sekarang langsung ikuti beberapa langkah membuat email alternatif Yahoo guna melindungi akun email.


1. Langkah pertama Sign-in dengan alamat email dan password Anda



email pemulihan yahoo




2. Kalau sudah masuk email, buka setelan akun pada pojok kanan atas dashboard email, Pilih ikon roda gigi kemudian klik “Data Account



cara menambahkan email pemulihan yahoo



3. Setelah halaman setting terbuka coba carilah pada submenu “Keamanan account” lalu “Tambah alamat email pemulihan



tambah email pemulihan akun yahoo



4. Masukkan alamat email anda yang lain, boleh pakai Gmail yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian klik “Kirim email verifikasi


lupa kata sandi yahoo mail

5. Klik tombol “Verifikasi” untuk memverifikasi alamat email Anda


verifikasi email yahoo


7. Sistem Yahoo akan mengirim email, pada contoh ini saya menggunakan akun email Gmail, cek di kota masuk gmail dengan source <no-reply@cc.yahoo-inc.com>. Lalu pilih “Klik di sini” lihat croping screenshot dibawah



setelan yahoo mail


8. Selamat! pada tahap ini kita sudah berhasil menambahkan email alternatif / pemulihan di Yahoo. 



menambahkan email alternatif yahoo



Klik “Kembali ke pengaturan account” untuk lanjut ke langkah Cara Menambahkan Nomor Ponsel Pemulihan Pada Yahoo



Bila nantinya ingin mereset password dengan nomor HP ikuti tahapan memasukkan nomor telepon alternatif (pemulihan) di akun Yahoo berikut ini:


1. Melanjutkan proses diatas, setelah halaman pengaturan account terbuka, pilih link “Tambah nomor telepon pemulihan” 



keamanan akun yahoo


2. Pada tampilan halaman selanjutnya masukkan nomor telepon aktif, jangan gunakan nomor yang sama jika sudah dipakai pada akun Yahoo yang lain, tapi kalau masih bisa tidak masalah. Lalu pilih metode verifikasinya boleh “Kirim SMS” atau “Panggilan saya



tambah nomor ponsel pemulihan


3. Tahap berikutnya yaitu memasukkan kode konfirmasi yang dikirim oleh sistem Yahoo melalui SMS ke HP Anda. Copy paste ke dalam kolom. Pilihlah “Verifikasi



nomor ponsel pemulihan yahoo






4. Dan, berhasil – berhasil hore…! (Dora the explore) 🙂



yahoo mail indonesia



Penting : Segera merubah nomor telepon pemulihan akun di Yahoo bila Anda ganti kartu baru, atau sempatkan untuk update jika nomor yang digunakan sudah tidak aktif, hilang atau berpindah tangan.



Sekian cara setting email alternatif dan nomor ponsel akun Yahoo. Semoga dengan sedikit uraian di blog ini dapat dijadikan referensi tentang cara daftar membuat mengatasi akun yang bermanfaat. Bagikan bila sahabat Anda juga lagi belum mengerti pentingnya nomor dan email pemulihan akun. Terima kasih