Cara Menghapus Akun Gmail di Android Bekas atau Second

Bagaimana cara menghapus akun gmail di Android? Pertanyaan itu muncul karena kita membeli atau di kasih Hp Android bekas atau second yang di dalamnya masih terkait dengan akun Google si pemilik lama.

Mungkin si pemilik Hp lama lupa atau bisa juga dia tidak tau bagaimana cara sign out Gmail yang sudah tersinkron (terhubung) dengan aplikasi Play Store atau Play Game pada Hp bekas tersebut.

Akhirnya Anda mendapatkan warisan berupa akun Google atau akun email Gmail, plus beberapa aplikasi terinstal ataupun game si pemilik hp lama yang dipakai di Hp Android bekas tersebut. Enak kan, tapi apa tahu password Gmail yang digunakan si pewaris.

Lalu bagaimana cara menghapus akun Gmail di Hp Android bekas atau second?

CMMA BLOG News | Cara Menghapus Akun Gmail di Android Bekas atau Second
Cara Menghapus Akun Gmail Di Android

Jika saat ini Anda sedang mencari cara hapus akun Gmail pada Hp Android bekas atau second, pastikan ketahui dulu versi Android tersebut.

Perlu saya tekankan artikel ini bukan untuk cara menghapus akun Gmail permanen tetapi hanya akan menghapus Gmail dari perangkat Hp Android saja, jadi sejatinya akun Google email masih ada.

Berikut beberapa cara menghapus akun Gmail di Hp Android bekas atau second yang bisa digunakan.

Cara Menghapus Akun Gmail di Android Tanpa Factory Reset

Cara menghapus akun Google pada Android bekas ini bisa diterapkan untuk OS Android versi Gingerbread kebawah dan tentunya tanpa harus melakukan factory reset atau reset data pabrik.

1. Oke, lansung saja silahkan masuk ke menu Setting/pengaturan Hp, kemudian sentuh Accounts & sync

cara menghapus akun gmail di samsung with google

2. Jika sudah, sentuh akun yang ingin di hapus (lihat gambar dibawah)

cara menghapus akun gmail di smartphone bekas

3. Kemudian akan tertera beberapa fitur singkronisasi Google seperti Mail, Contacts, Calender dan lain-lain. Pilih atau sentuh tombol Remove account

cara menghapus akun google di hp android bekas

4. Langkah terakhir dari cara menghapus akun gmail di android versi Gingerbread kebawah, sentuh Remove account kembali untuk menghapus gmail tersebut dari Hp Android bekas

cara menghapus akun google di android lg bekas

Tetapi jika smartphone bekas yang Anda miliki saat ini  OS Androidnya diatas versi Ice Cream Sandwich, bisa menggunakan cara menghapus akun gmail di hp android berikut.

Cara Menghapus Akun Gmail di Samsung

Cara menghapus akun ini sudah saya gunakan di Hp Android Samsung saya dan terbukti berhasil. Tapi tenang saja, cara menghapus akun gmail dari Hp android bekas ini juga bisa Anda gunakan untuk semua merk Android seperti Lenovo, Xiaomi, Asus, Sony dan lainnya.

Asalkan OS Android tersebut diatas versi Gingerbread cara menghapus akun Gmail dijamin berhasil, berikut langkah-langkanya:

1. Pertama, buka menu setting/pengaturan di Hp Android Anda lalu sentuh Accounts & sync

cara menghapus akun gmail di xiaomi bekas

2. Kemudian sentuh Akun gmail yang ingin di hapus

cara menghapus akun google pada android second

3. Nah pada tahap ini kebanyakan dari kita akan bingung karena tidak muncul tombol Remove account dan cara untuk memunculkan tombol tersebut cukup dengan sentuh tombol “soft menu” yang terletak dibagian bawah layar Hp Anda.

cara menghapus akun gmail dari hp android second

4. Jika sudah muncul, sentuh tombol Remove account untuk melanjutkan proses menghapus akun di Android bekas

menghapus akun gmail di hp android second

5. Selanjutnya akan ada peringatan jika menghapus gmail tersebut otomatis juga akan menghapus pesan, kontak serta data-data yang terkait juga akan ikut terhapus. Sentuh saja Remove account untuk akhiri proses menghapus akun gmail

cara hapus akun gmail diandroid

Dari berbagai macam alasan, mengapa pengguna Android ingin menghapus gmail dari Hp? yakni mereka lupa password gmail. Dan jika Anda adalah salah satu dari mereka ikuti langkah cara menghapus akun gmail yang lupa password berikut ini.

Cara Menghapus Akun Gmail yang Lupa password

Jika cara menghapus akun Google email diatas tidak berhasil maka dengan terpaksa harus melakukan factory reset atau reset data pabrik dan akan mengembalikan kondisi Hp Android seperti baru.

Sebagai catatan sebelum melakukan cara menghapus akun gmail di Android dengan factory reset sebaiknya backup data-data penting Anda lalu copot SD Card.

1. Oke langsung saja buka menu Setting / Pengaturan sentuh Privacy untuk memulai proses cara menghapus akun Gmail di Android Anda.

hapus akun google di android lama

2. Langkah selanjutnya sentuh Factory data reset (lihat gambar dibawah)

cara hapus akun email di android second

3. Kemudian akan ada pemberitahuan seperti dibawah ini, jika benar-benar yakin ingin menghapus akun Google pada Hp Android, pilih saja Reset phone

remove akun email google di hp android

4. Tunggu proses menghapus akun gmail dengan factory reset selesai.

Kalau Anda kebetulan sebagai pengguna hp merek Xiaomi, rasanya perlu mengikuti panduan untuk hapus akun Google di Android Xiaomi Redmi dengan OS KitKat yang sudah saya posting.

Keuntungan jika Anda menghapus akun gmail di Android dengan factory reset yakni semua masalah yang berhubungan dengan software Android seperti kinerja Hp lemot, bluetooth error ataupun wifi bisa teratasi.

Selesai sudah beberapa cara menghapus akun gmail di Android bekas atau second yang bisa saya bagikan. Dari ketiga cara diatas mana yang pas dihatimu silahkan ikuti langkah-langkah penghapusan akun Google sesuai kasus. maturtengkyu