Cara Upload File di Dropbox lewat Hp Android & Kelebihan-Kekurangan

Dropbox adalah sebuah layanan untuk sarana menyimpan file secara online (cloud storage) yang dapat digunakan melalui PC dan hp. Untuk cara upload file di Dropbox, kita tetap bisa menggunakan kedua versi baik desktop maupun mobile app lewat Android, iPhone, dan Windows Phone.

Apa Fungsi Dropbox?

Bagi yang suka menyimpan file di perangkat hp atau tablet lebih baik lagi kalau kita bisa memanfaatkan Dropbox untuk penyimpanan awan (cloud) secara gratis, daripada membebani memori hape kan..!

cara menggunakan dropbox di android

Apalagi untuk Anda yang suka selfie dan hobi banget sama fotografi, bisa kok! setelah mengambil gambar dengan kamera hp langsung otomatis mengupload file foto ke Dropbox dan download file ketika dibutuhkan.

Kali ini saya akan berbagi tentang cara upload file di Dropbox lewat hp Android. Karena saya rasa pengguna perangkat mobile lebih banyak dibanding laptop atau komputer, toh cara menggunakan Dropbox sama kok yang membedakan hanyalah tampilan layar.

Dengan bantuan aplikasi Android saja kita sudah bisa upload file di Dropbox, menyimpan file, dan berbagi file (share). Ini adalah sebuah cara yang sama seperti perlakuan di Dropbox lewat komputer kita. Hal ini seperti, bagaimana saat kita menggunakan Google Drive di Android lalu bandingkan cara penggunaan-nya dengan Dropbox di Android.


Dan enaknya lagi, setelah upload file ke Dropbox kita tidak usah takut lagi kehilangan data – data penting seperti: foto, video, file PDF, XLS-DOC-Mircosoft Office, PSD-Photoshop, DWG-Autocad, SLDPRT-Solidworks, lagu mp3 dan file lainnya.

Dropbox dalam bidang bisnis biasanya digunakan sebagai lampiran untuk mengirim file ukuran besar lewat email. Misalnya seorang Engineer dalam suatu perusahaan yang sedang mengerjakan project gambar lalu file dalam bentuk 3D atau video simulasi.

Terus untuk melaporkan hasil pekerjaannya ke customer dia menggunakan Dropbox ini justru lebih efisien daripada pengiriman data dengan CD / DVD lewat pos, JNE, TIKI atau layanan pengiriman sejenis.

Seperti itulah gambaran manfaat layanan Dropbox untuk kita sebagai pengguna, sekedar menambah wawasan Anda lihat juga kelebihan dan kekurangan Dropbox berikut:

Kelebihan Fitur Dropbox

  • Satu Akun Dropbox menyediakan secara gratis kapasitas penyimpanan sebesar 2 GB selain itu kita juga dapat upgrade ke versi pro harga $10/bln serta jika ingin menambahkan kapasitas Dropbox versi bisnis kita membayar $15/bln untuk 1 TB.
  • User Dropbox dapat mengakses data secara online dari berbagai perangkat smartphone untuk mengambil file dari komputer yang sudah terintegrasi Dropbox meskipun pc komputer dalam keadaan offline / mati dengan OS Windows, MAC, Ubuntu Linux.
  • Cara upload file di Dropbox bisa secara otomatis dan manual, jika ingin menyimpan data langsung ke Dropbox kita bisa setel pengaturan dengan mudah.

Kekurangan Fitur Dropbox

  • Kapasitas kurang besar untuk versi gratisan dibandingkan dengan Google Drive (15 GB) jika kebutuhan data Anda adalah file-file yang ukurannya besar.
  • Untuk mendapatkan tambahan ruang penyimpanan bagi free user harus mengundang teman dulu untuk daftar akun Dropbox.
  • Tidak tersedia fitur upload file video otomatis ke Dropbox bagi pengguna Windows Phone.

Cara Upload File di Dropbox Lewat Android

Setelah membaca informasi di atas tentang gambaran fungsi, kelebihan dan kekurangan Dropbox. Sekarang menuju ke inti panduan cara upload file ke Dropbox lewat hp. Ikuti saja mulai dari tahap instal aplikasi Dropbox di Play Store tapi jika sudah memasang aplikasinya abaikan langkah tersebut.

  1. Pasang Dropbox lewat Google Play Store : link
    cara download dropbox di android
  2. Buka aplikasinya jika proses download sudah selesai, lalu segera membuat akun Dropbox.
    cara membuat akun dropbox
  3. Setelah itu isikan “Nama depan” , “Nama belakang” “Email” di contoh saya menggunakan Gmail dan juga masukkan “Kata sandi” yang rumit setidaknya password berstatus Baik atau baca tips buat kata sandi. Sentuh “BUAT AKUN
    cara mendaftar akun dropbox android
  4. Pilih “SAYA SETUJU” jika keluar Ketentuan Layanan Dropbox dengan ini kita sudah berhasil buat akun Dropbox baru.
    ketentuan layanan dropboxcontoh email dropbox
  5. Kemudian sebelum upload file ke Dropbox sebaiknya buatlah folder baru agar file-file Anda tertata rapi. Pilih ikon “tanda plus” > ” Buat folder baru” > “tulis nama folder” > pilih “BUAT
    cara membuat folder di dropbox
  6. Setelah kita berhasil buat folder sekarang waktunya untuk mengupload file pada contoh ini saya upload foto di Dropbox dengan sentuh ikon “tanda plus” lagi lalu “Unggah file” pilih dari “Galeri” di Android secara satu per satu.
    cara menggunakan dropbox di android
  7. Lihat gambar berikut hanya satu foto yang tersimpan ke Dropbox, dan cara ini digunakan untuk menambahkan file secara terpisah. 
    cara mengunggah file ke dropbox

Cara Upload Banyak File Foto ke Dropbox dari Galeri

Untuk panduan yang ini digunakan sebagai untuk upload file ke Dropbox secara bersamaan, bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing setelah mengetahui perbedaannya.
  1. Buka galeri di hp kemudian pilih semua foto > Pilih “Kirim
    cara upload file ke dropbox lewat hp

     

  2. Selanjutnya akan keluar beberapa aplikasi di Android, sentuh “Tambahkan ke Dropbox
    cara menyimpan file di dropbox
  3. Dengan begitu semua file yang kita pilih tadi akan langsung mengunggah ke folder Dropbox yang kita pilih dengan cara membuat folder-nya seperti panduan di atas.
    cara download file di dropbox tanpa aplikasi

Selain Dropbox layanan sejenis lainnya adalah OneDrive milik Microsoft, MiCloud pada Xiaomi, iCloud punya si Apple.inc, Mega, Box, dll.

Sekian panduan cara menyimpan file di Dropbox Android dan juga informasi mengenai manfaat, kelebihan-kekurangan layanan fitur di Dropbox. Berikutnya saya akan membagikan cara share file di Dropbox. Salam hangat…