Cara Cek Xiaomi Asli Dari Website Resmi, MI Recovery dan Fastboot

Belum yakin hp yang Anda beli adalah Xiaomi ori, mari ikuti cara cek Xiaomi asli untuk membuktikan palsu, tiruan, kw, supercopy entah apapun istilah bajakan lainnya. Sebenarnya dari website resmi milik Mi Corp. sudah menyediakan untuk cek xiaomi asli dengan IMEI dan nomor seri.

Pihak Xiaomi juga telah memberikan tanda keasliannya dengan adanya icon kelinci Xiaomi di Fastboot Mode, hal ini adalah salah satu cara untuk menghidari pembajak hp Xiaomi.
Suatu hari saya menjumpai teman yang ingin membeli hp Xiaomi baru namun dia kurang yakin harus beli Xiaomi asli dimana serta masih bingung bagaimana untuk mengetahui ciri-ciri keaslian Xiaomi.


Dia menanyakan kualitas Xiaomi asli punya saya itu seperti apa, dilihat dari pemakaian saya pribadi. Saya jelaskan, selama pemakaian 2 tahun yang terhitung Maret 2017. Ponsel Xiaomi Note 1LTE punya saya dengan pemakaian yang wajar tapi sering jatuh 🙂 selama life time tersebut tidak terjadi masalah fatal error. Pernah sih dulu tak flashing ulang gara – gara gak mau masuk ke ROM MIUI nya karena saya salah instal aplikasi dan memang penasaran ingin oprek sendiri.

cek xiaomi asli

Meskipun kadang ruang penyimpanan hampir penuh tetap lancar saja tidak terjadi LAG walau saya sering membuka aplikasi secara bersamaan belum lagi aplikasi yang berjalan di balik layar. Gak terlalu wow sih, tapi nyatanya seperti itu..!


Karena saya bukan ahli smartphone maka dengan hasil cari tau sana-sini akhirnya merangkum di artikel ini sebagai panduan untuk membedakan xiaomi asli dan palsu itu gimana dengan tiga metode pengecekan Xiaomi: IMEI dan Serial number dari web, MI Recovery dan Fastboot Xiaomi.

Cek Xiaomi dari Web Outentikasi Produk MI


Saya rasa ini akan lebih terpercaya untuk mengecek keaslian Xiaomi dari pada cek hp dari situs penyedia cek IMEI online lainnya karena info yang ditampilkan adalah diambil dari database Xiaomi sendiri.

Mungkin saja menjadi panduan yang berguna di saat Anda membeli produk Xiaomi dari flash sale online shop bahkan dari dealer / distributor resminya kita harus tetap mengecek.

Jika beli di counter hp, sebaiknya lakukan pengecekan di tempat sebelum harga deal lalu melakukan transaksi pembelian dan konfirmasi pembelian Xiaomi tentang alamat dan pengiriman.

Cara Cek Xiaomi Asli Dari Website Resmi untuk Semua Type MI


Coba teman-teman ikuti cara pertama untuk cek perangkat Xiaomi lewat web resmi untuk membuktikan Xiaomi asli atau palsu. Tapi jika kita tidak membelinya di distibutor resmi tak akan muncul alamat pengiriman dan waktu atau tanggal pesanan, seperti contoh punya saya ini!
  1. Langkah awal pengecekan Anda harus mengetahui IMEI Xiaomi dengan cara dial-up kode cek IMEI Android : *#06# . Jika memang perangkat dengan dual SIM silahkan pilih yang IMEI 1 untuk proses selanjutnya atau melihat IMEI pada sticker di balik box hp atau tempat baterai jika bukan baterai tanem.
  2. Buka tautan dari web resmi Xiaomi berikut ini, boleh dari komputer atau lewat hp langsung: http://www.mi.com/verify/#imei. Maka akan terbuka halaman “Outentikasi Produk” seperti gambar.
    cara cek hp xiaomi original
  3. Pada kolom yang paling atas masukkan no. IMEI sebagai contoh punya saya 866713022094792 dan Serial Number (S/N) 847821208849 lalu masukkan kode dan klik tombol “Verifikasi“. Kalau masih bingung cara cek serial number Xiaomi kamu bisa melihat di sticker yang berada di balik box.
    cek serial number / sn xiaomi asli

    cek imei xiaomi asli
  4. Dengan begitu sistem dari web Xiaomi akan menampilkan alamat pengiriman dan waktu pemesanan. Bila ada pesan “Jika informasi tersebut tidak sesuai, silakan konfirmasi apakah produk dibeli dari jalur resmi” karena saya membeli buka dari konter atau distributor resmi seperti PT. Erajaya Swasembada (Erafone) maka akan keluar begitu hehe..maaf tidak bisa memberi contoh. bila kurang yakin lagi coba cara lain cek keaslian Xiaomi di bawah ini.



    Cek Xiaomi Asli dengan Recovery Mode

    Apa itu MI recovery? ini adalah sebuah mode yang digunakan untuk instal ROM atau update OS MIUI secara manual menggunakan komputer hal ini berlaku pada semua OS Android (recovery mode).

    1. Untuk langkah awal pengecekan matikan hp Xiaomi Anda kemudian tekan secara bersamaan kombinasi: tombol Power + tombol Volume Up selama beberapa detik saat logo MI muncul lepaskan atau jika hp dalam keadaan hidup bisa juga melalui menu Alat > Pembaruan > pilih menu tiga titik bertumpuk lalu sentuh “Mulai ulang ke mode Pemulihan” atau “Reboot to Recovery mode” di MIUI 7, 8
      mengecek hp xiaomi
    2. Dengan langkah seperti diatas adalah cara masuk MI Recovery mode Xiaomi pada seri Note, Note 4G dan MI Pad untuk type Xiaomi yang lain tinggal ganti Volume Down atau Up. Anda akan melihat icon Xiaomi Rabbit sedang melakukan reparasi robot Android serta muncul pilihan bahasa China dan Inggris, dan ini bisa dibilang Xaomi Asli.
      cara membedakan xiaomi asli palsu

    Cek Xiaomi Asli dengan Fastboot

    Fastboot adalah tool dari Android SDK yang digunakan sebagai pembuka akses ke system untuk melakukan flashing OS tersebut. lihat cara masuk fastboot Xiaomi sebagai berikut!
    1.  Matikan hp Anda kemudian tekan bersamaan tombol Power + tombol Volume Up beberapa detik lamanya akan muncul logo MI segera lepas semua tombol.
    2. Dengan demikian kita akan menjumpai icon kelinci lucu sedang melakukan servis robot ijo Android. Namun bila tidak ada icon ini kemungkinan hp Xiaomi Anda palsu.
      cek siomi asli

    Untuk point pertama dari 3 cara cek Xiaomi asli ini kita tidak bisa dibuat patokan apakah perangkat asli atau tiruan dari adanya pesan seperti di atas, jika kita tidak beli di distibutor resmi.