Cara Menggunakan Fitur Baru Screen Recorder di Xiaomi Note 4G

Seneng rasanya setelah melakukan pembaruan sistem di Xiaomi saya dari versi sebelumnya ke MIUI 8 Global Beta ROM 7.3.2 atau MIUI ROM developer lalu apa sih fitur terbaru di ROM Xiaomi tersebut?

MIUI yang diklaim sebagai ROM Android terbaik yang ada di dunia Android selalu menghadirkan fitur baru yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari di saat yang tepat.

Ini adalah kabar baik untuk MI Fans dan tentunya saya sendiri karena fitur baru tersebut sangat berguna untuk merekam layar Android. Karena aplikasi perekam layar Android KitKat tanpa root tersebut sangat banyak dicari.

CMMA BLOG News | Cara Menggunakan Fitur Baru Screen Recorder di Xiaomi Note 4G

Simak apa saja fungsi 2 fitur terbarunya berikut ini yang lahir sejak awal minggu bulan Maret 2017 serta bagaimana cara mendapatkan fitur Screen Recorder dan Gallery di Xiaomi.

1. Screen Recorder atau Perekam Layar Android Xiaomi

Aplikasi perekam layar Android sangat dibutuhkan oleh pengguna smartphone belakangan ini. Xiaomi corporation semakin tahu aja Screen Recorder apps memang berguna untuk merekam aktifitas layar Android yang siap dibagikan untuk pengguna lain sebagai video atau upload ke sosial media Youtube, Instagram, Facebook dll.

Sekarang tanpa aplikasi tambahan yang banyak tersebar di Google Play kita sudah mampu merekam layar perangkat Xiaomi. Hal ini merupakan solusi pas sesuai yang saya alami beberapa waktu yang lalu untuk OS Xiaomi saya dengan Android KitKat 4.4.4.

Saya ingin instal aplikasi perekam layar Mobizen dan AZ Recorder namun di beranda Play Store muncul warning “aplikasi tidak kompatibel dengan perangkat”

Dan enaknya lagi dengan Screen Recorder Xiaomi hasil video rekaman tidak memiliki watermark seperti Mobizen atau aplikasi pihak ketiga lainnya. Yang rata-rata berbayar untuk menghilangkan watermark (tanda logo aplikasi) dalam hasil rekam video.

2. Gallery – Renaming Albums

Fitur yang digunakan untuk mengelola album dari galeri di Xiaomi Device ini memang mungkin tidak seberapa wow seperti fitur perekam layar. Karena fitur mengganti nama album tersebut bermanfaat untuk membuat nama album lebih tertata rapi.

Saya sendiri belum menggunkan fitur baru Gallery – Renaming Album tersebut sebagai mana fungsinya. Jika ingin informasi lebih lengkap baca lebih lanjut dari thread di forum resmi Xiaomi berikut MIUI Beta Global ROM 7.3.2 Changelog Preview.

Cara Mendapatkan Fitur Aplikasi Perekam Layar Xiaomi

Pastikan dulu sebelum menggunakan screen recorder Xiaomi dengan cek pembaruan ROM MIUI untuk mendapatkan fitur perekam layar. Caranya:

  1. Buka hp Xiaomi Anda.
  2. Sentuh aplikasi Tools atau Alat.
  3. Pilih Pembaruan. 
  4. Segera lakukan pembaruan sistem ke MIUI 8 ROM 7.3.2. (Developer ROM)
  5. Tunggu proses download sampai selesai kemudian Mulai Ulang perangkat. Dan pastikan kalau seri Xiaomi kamu termasuk mendapatkan pembaruan MIUI ROM Developer.
    CMMA BLOG News | Cara Menggunakan Fitur Baru Screen Recorder di Xiaomi Note 4G

Cara Menggunakan Fitur Baru Screen Recored di Xiaomi Note 4G  

Setelah berhasil update MIUI serta mendapatkan fitur aplikasi perekam layar segera untuk mengikuti cara menggunakannya.

  1. Carilah lalu pilih aplikasi Alat atau Tools jika menggunakan setelan bahasa Inggris di Xiaomi.
    cara merekam layar xiaomi redmi note
  2. Kemudian geser layar hp Xiaomi ke atas untuk menemukan aplikasi “Screen recorder” atau “Rekam Layar” Sentuh aplikasinya lalu akan muncul laman hasil rekaman video. Sentuh ikon “Record” di pojok kanan bawah.
    perekam layar xiaomi
  3. Setelah muncul tombol melayang “Mulai” terus sentuh tombol Back, dengan begitu aplikasi perekam layar telah siap deh digunakan untuk rekam aktifitas layar hape.
    screen recorder xiaomi redmi
  4. Misalnya Anda ingin merekam aktifitas untuk membuat tutorial video dengan browser Chrome. Setelah berada di laman browser tersebut sentuh tombol “Mulai“. Sentuh tombol “Stop” disamping durasi perekaman.
    aplikasi screen recorder xiaomi
  5. Kemudian untuk melihat hasil pergi ke Alat > Screen recorder. Kita bisa memutar video disitu dan melihat hasil rekaman lainnya.
    cara merekam layar hp xiaomi

Sekarang sebagai pengguna perangkat Xiaomi yang mendapatkan pembaruan MIUI 8 atau MIUI 9 tak perlu lagi pasang aplikasi perekam layar root atau tanpa root meskipun belum versi Android 5.0. Namun sepertinya tidak semua seri Xiaomi yang mendapatkan aplikasi tersebut meski sudah memperbarui MIUI 8 bahkan ke MIUI 9 terbaru.

Misalnya untuk Redmi 4A atau Redmi 4X bermasalah ketika memperbarui MIUI tersebut. Keluhan seperti aplikasi rekam layar tidak ada, suara rekaman hilang di Xiaomi Redmi Note 4, ini bisa kalian baca serta tanya jawab di Forum Resmi Xiaomi Indonesia. link

Bagikan cara merekam layar Xiaomi serta mendapatkan aplikasi Screen Recorder ke MI Fans yang lain biar bisa sama-sama mengetahui informasi dan segera menikmatinya. Terima kasih.