Cara Ganti Sandi GMAIL di Android Yang Lupa Password Akun Google-Nya

Cara ganti sandi Gmail atau Akun Google memang tak semudah dibanyangkan loh, tapi tenang saja bisa di upayakan kok. Password akun Google di Android yang lupa ternyata tidak bisa kita lihat secara langsung dari sandi Gmail yang tersimpan itu. Demi masalah keamanan yang terus di galakkan oleh Google sebagai pembuat OS Android hal ini tidak bisa dipungkiri.

Nanti kalau hp Android hilang bisa jadi kata sandi akun Google kita bisa diintip orang yang menemukan. Atau jika sandi Gmail memang bisa dilihat ketika lupa sandi pasti juga akan membahayakan sebuah akun Google yang menjadi ujung akses dari smartphone Android kita. Terus bagaimana caranya jika kita ingin ganti password Gmail yang lupa?

Untuk mengubah sandi Gmail kita sudah disiapkan dua opsi pemulihan akun Google. Apa saja sih opsi atau pilihan tersebut? Baca berikuti ini sebelum melanjutkan langka demi langkah ganti sandi Gmail.

  • Cara mengganti sandi Gmail dengan nomor pemulihan akun, Ini merupakan alat yang mudah digunakan tapi juga sulit jika nomor hp yang dipakai untuk verfikasi akun Google dulunya sekarang no telepon sudah mati atau hilang. Sebaiknya teman-teman bisa mengganti nomor pemulihan akun Google jika masih bisa masuk lalu berencana ganti kartu SIM hape.
  • Cara ganti sandi Gmail menggunakan email pemulihan akun, kalau yang satu ini adalah email cadangan kita yang lainnya yang sudah pernah kita tambahkan saat proses daftar akun Google atau sesudahnya di laman Akun Google Saya.

Tips Cara Mengetahui Kapan Akun Gmail di Buat

Nah hanya dua opsi itu saja yang disediakan Google untuk mengganti sandi Gmail yang lupa. Selain itu kita juga diharuskan menjawab pertanyaan keamanan akun Googe. Misalnya tanggal dan tahun pembuatan akun Google pertama kali. Kalau masalah ini kita bisa mengakali untuk menjawabnya dengan mencari tau untuk melihat tanggal pembuatan akun Gmail dari aplikasi Gmail jika akun Google masih dalam kondisi masuk di hp Android.
CMMA BLOG News | Cara Ganti Sandi GMAIL di Android Yang Lupa Password Akun Google-Nya
Cara ganti sandi Gmail di Android yang lupa
Biasanya kan saat buat akun Google setelah selesai kita selalu diberi ucapan selamat datang nih. Nah, dari situ kita mencari dari kolom pencarian di aplikasi Gmail. Lalu ketikan dengan kata “selamat datang” dengan secara cepat aplikasi Gmail memunculkan email pertama disitulah kita bisa melihat kapan tanggal pembuatan akun Google.
Karena pertanyaan yang akurat akan memberikan kita cara yang mudah saat ingin ganti sandi Gmail. Soalnya semakin kecil kita melompati “Coba pertanyaan yang lain” semakin besar peluang keberhasilan untuk mengganti kata sandi Gmail tersebut.

Dulu kita juga bisa dengan cara ganti password Gmail Play Store dengan bantuan aplikasi tersebut saat melakukan pembelian aplikasi di Play Store. Dari langkah-langkhanya dulu bisa dimanfaatkan untuk mengatur ulang kata sandi Gmail yang lupa tapi masih masuk di Android. Sekarang cara itu tidak bisa digunakan lagi entah kenapa.

Ini Contoh Cara Ganti Sandi GMAIL di Android Yang Lupa Password Akun Google


Setelah membaca tips dan info di atas sekarang ikuti cara ganti sandi Gmail berikut ini yang lupa sandi lama. Dan perlu diingat ya sob cara ini bisa dilakukan di hp Android atau pc komputer yang sering dipakai untuk mengakses akun Gmail. Tapi dalam contoh cara merubah password Gmail ini saya lakukan lewat laptop.

  1. Langkah awal silahkan membuka hp Android atau komputer untuk membuka halaman berikut ini. Sebaiknya teman-teman menggunakan koneksi internet yang sama saat terakhir sebelum akun Gmail lupa sandi. Link ubah sandi.
    cara ganti sandi gmail di android yang lupa
  2. Kalau halaman tersebut telah terbuka silakan Anda masukkkan akun Gmail yang terkunci atau lupa kata sandinya. Dari halaman masuk akun Google yang baru kita diberikan dua pilihan cara masuk akun Gmail dengan nomor telepon (ponsel) atau nama email. Klik berikutnya jika memang sudah.
    cara ganti sandi gmail
  3. Sehingga akan muncul laman selanjuntya untuk mengisi password Gmail. Padahal kan kita lupa sandi Gmail yang digunakan masuk dengan itu jangan mengetik apa-apa di kolom tersebut. Langsung klik “Coba pertanyaan yang lain”
    cara ganti sandi gmail
  4. Dari sinilah akan muncul sebuah nomor pemulihan akun yang pernah kita tambahkan dulu ketika daftar akun Google. Jika pada langkah ini Anda tidak menemukan seperti contoh gambar berarti akun Gmail Anda tidak ada nomor telepon pemulihan akun. Kalau sudah ketemu nomor hp mana yang dipakai akun Google, masukkan kedalam kolom lalu tekan Kirim SMS.
    lupa kata sandi gmail di android
  5. Tunggu beberapa saat kalau sudah ada SMS masuk ke handphone Anda silahkan cek kode verifikasi yang telah di kirim oleh Google. Kalau sudah menunggu terlalu lama tidak ada sms yang masuk sillahkan meminta kode verifikasi lagi dengan klik link tombolnya.
    cara mengganti password akun google
  6. Gimana nih, sampai disini semoga teman-teman semua bisa mengikuti. Kita lanjutkan langkah ganti sandi Gmail dengan memasukkan kode yang sudah dikirim lewat sms tadi.
    mengatur ulang kata sandi gmail
  7. Terakhir dengan munculnya dua kolom kosong untuk memasukkan sandi baru ini artinya kita sudah berhasil. Tinggal memasukkan kata sandi baru serta mengetikkan sandi yang sama di kolom bagian bawah.
    lupa password akun google
  8. Selesai deh!

Bagaimana untuk cara ganti sandi Gmail yang lupa entah untuk akun Google di hp Android atau untuk email Gmail di laptop dari contoh dari panduan ini, apakah ada kendala? Silahkan meninggalkan komentar nanti kita berdiskusi bareng-bareng pengguna lainnya dengan masalah yang sama.