Cara Pesan Tiket Kereta Api Online Traveloka Bayar via Alfamart

Pengalaman pribadi cara pesan tiket kereta api online Traveloka bayar via Alfamart ini saya tulis untuk teman-teman yang kebetulan mencari info dan tata cara beli tiket KA lewat aplikasi Traveloka baik untuk Android atau iPhone. Panduan ini untuk sekedar dokumentasi pengalaman sendiri saat pertama kali melakukan pemesanan tiket kereta api online.

Jika ingin memesan tiket KA lalu pembayaran tiket kereta api di Alfamart atau via Indomaret jika sudah tersedia, sebaiknya saat reservasi tiket kereta dilakukan di lokasi biar lebih cepat langsung bayar. Soalnya proses membayar tiket di Traveloka dibatasi hanya beberapa menit saja.

Saya lebih memilih di Traveloka karena harga yang diberikan sama dengan harga resmi dari PT. KAI (Kereta Api Indonesia), yang biasa disebut Harga Jujur oleh pihak Traveloka. Meski ada tambahan fee dikit gak masalah kita tetap bisa memilih tempat duduk. Terus untuk pendaftaran pemesanan tiket kereta online ini lebih simpel menggunakan aplikasi Traveloka di Android atau iOS – iPhone.

Soalnya kita tinggal pasang aplikasi Traveloka di hp Android kita dan mengisi beberapa data seperti data diri sesuai KTP dan alamat email Gmail atau akun email Yahoo. Sampai pada proses pembayaran tiket dengan beberapa pilihan cara bayar, sudah deh E-tiket terbit lalu kita tinggal print tiket kereta api Traveloka dengan cara mendatangi stasiun untuk mencetak tiket dari mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM).

cara pesan tiket kereta api online
Traveloka – Tiket kereta api online Indomaret / Alfamart

Di Traveloka sudah disiapkan pilihan pembayaran untuk kita, pastinya harus pesan tiket online di Traveloka dulu baru bayarnya di Alfamart atau Indomaret. Caranya bagaimana? mudah kok kamu tinggal datang ke Alfamart untuk menunjukan kode booking tiket kereta api tersebut terus membayar dengan uang cash.

Lalu gimana untuk bayar tiket di Traveloka via transfer bank, kita tetap bisa memilih beberapa metode pembayaran. Diantaranya: setelah beli tiket kereta kamu bisa bayar pakai transfer via mesin ATM, E-Banking, SMS-Banking lewat pemilihan menu di aplikasi Traveloka.

Traveloka Tiket Kereta Api

Ini merupakan fitur baru dari aplikasi Traveloka sejak Januari 2017 ini. Yang sebelumnya Traveloka hanya melayani pesan tiket pesawat online dan booking hotel online saja. Sekarang sih enak ya, tanpa harus antri membeli tiket sepur untuk mudik ke kampung halaman kita…Hehe…

Mudah kok, Bagaimana cara pesan tiket kereta api di Traveloka?

Kalau masih belum yakin, karena ini berhubungan dengan duit boleh teman-teman mengikuti langkah pemesanan tiket kereta dengan aplikasi Traveloka berikut.

Catatan: Sebelumnya kamu perlu memasang app Traveloka di Android lewat Play Store. Agar lebih aman jangan pakai kirim-kiriman dengan cara mengirim aplikasi lewat ShareIt atau jika sudah punya sebaiknya sudah di perbarui yah!

  1. Pastikan kamu sudah masuk ke aplikasi Traveloka. Kalau sudah tampil pilihan menu tekan yang Tiket Kereta Api.
    cara pesan tiket kereta api online di traveloka
  2. Terus setel stasiun Asal (1), Tujuan (2), Tanggal keberangkatan (3), dan Jumlah penumpang (4). Lihat contoh gambar lalu tekan Cari!
    cara pesan tiket kereta traveloka
  3. Dari sini akan tampil tiket kereta dari Traveloka sesuai dengan pencarian-mu. Teruskan dengan menekan sesuai harga tiket kereta api murah dan sesuai jam keberangkatan harapan kamu.
    pesan tiket kereta api online
  4. Kemudian isikan nama lengkap sesuai KTP, SIM, atau kartu pelajar serta masukkan akun Gmail atau email Yahoo jangan lupa isikan nomor telepon yang bisa dihubungi.
    cara pesan tiket kereta api traveloka
  5. Terus dari situ kamu tinggal mengisi data penumpang dewasa di Traveloka. Nama lengkap (1), Title (2), Tanda pengenal (3), Nomor tanda pengenal (4) / no. induk KTP jika kamu pake KTP. Setelah itu simpan!
    cara beli tiket kereta api di indomaret
  6. Setelah menampilkan data pemesan dan data penumpang sekarang kamu tinggal mencari tempat duduk dari menu yang disediakan aplikasi Traveloka. Nah kelebihannya itu disini kalau kita booking tiket kereta api online!
    tiket kereta api online alfamart

    Tips: Karena kita bisa pilih kursi sendiri, pilih yang dekat jendela biar lebih santai dan utamakan yang 2 seat. Lihat pada contoh gambar 1A Ekonomi 5 dengan arti gerbong kereta urutan nomor 5 bangku nomor 1A.

  7. Langkah berikutnya geser layar hp ke atas dan temukan “Lanjut ke pembayaran” > “Pilih Metode Pembayaran” > tekan Alfamart / Alfamidi. Karena dari pihak Traveloka cara bayar di Indomaret belum tersedia, lain hal jika beli tiket pesawat.
    cara pembayaran traveloka via indomaret
  8. Karena kita hanya diberi waktu 37 menit, Segeralah membayar ke kasir Alfamart dengan cara menunjukkan kode booking tiket dari aplikasi Traveloka. Jumlah total yang saya bayar saat itu Rp. 66.000.
    bayar traveloka di alfamart
  9. Kalau sudah terbayar, tunggu beberapa saat setelah itu kita akan melihat e-tiket terbit. Perhatikan kode booking dari contoh e-tiket berikut! inilah kode yang akan kita gunakan untuk print tiket di stasiun dari mesin Cetak Tiket Mandiri atau Cek In Counter.
    cetak tiket kereta api dimana
  10. Datanglah lebih awal ke stasiun untuk print tiket KA dari kode booking Traveloka. Karena itu bukan tiket yang bisa langsung kita tunjukkan ke petugas saat cek-in di stasiun, kita harus ngeprint tiket kereta dulu (penukaran tiket). Tidak seperti kode booking tiket pesawat di Traveloka, kita dapat langsung menunjukkan lewat email atau screenshot di hp.
    cara penukaran tiket kereta api di stasiun

Dari cara pesan tiket kereta api online dengan metode pembayaran via Alfamart ini semoga bisa sedikit membantu teman-teman jika bingung menggunakan aplikasi Traveloka untuk booking tiket dan tak perlu bertanya cetak tiket kereta api dimana. Jika ada bonus tiket Traveloka manfaatkan saja, lumayan kan bisa menghemat biaya akomodasi kamu.