4 Cara Cek Tipe Hp Samsung – Mengecek Lewat Kode, Apps, Sticker, Web

Cara cek tipe hp Samsung memang ada beberapa metode yang dapat kamu lakukan. Misalnya dengan mengecek tipe handphone Android melalui kode, dari web dan juga bisa dari sticker yang berada di dalam body hp Samsung Galaxy mu atau dari box. Pengecekan tipe hp ini sangatlah penting disaat kita akan flashing Samsung Android.

Agar tidak salah mengambil atau download stock rom Android yang berada di website resmi Samsung seharusnya kamu mengetahui tipe hp terlebih dulu. Tentunya biar nggak terjadi brick atau hp Samsung mu mati total sebaiknya serahkan pada Service Center atau orang yang punya pengetahuan lebih tentang hal tersebut.

cara cek tipe hp samsung

Hal ini juga berfungsi saat kamu mau membeli hp Samsung Galaxy bekas dan ingin membuktikan kalau tipe hp Samsung yang akan kamu beli memang sesuai seperti yang dibilang si penjual. Agar tidak tertipu dengan penjual yang curang sebaiknya cek kebenaran dari keempat cara berikut ini.

4 Cara Cek Tipe Hp Samsung dengan Kode, Sticker, Pengaturan, Web / Aplikasi

Pilih saja dari keempat cara cek tipe hp Samsungmu termasuk Galaxy seri berapa. Dari beberapa panduan berikut kamu bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan kenapa kita harus tau tipe hp kita sendiri? Masa saat ditanyaain temen kita nggak tau, tengsin donk.!

#1 Cek Tipe Hp Samsung dengan Kode

Samsung Android sudah menyediakan kode khusus untuk melihat tipe hp Samsung itu sendiri. Memang banyak sekali kode-kode rahasia Android untuk produk dari Samsung tersebut. Misalnya untuk mengecek kondisi layar hp, sound, getar dan kerusakan lainnya kamu bisa mengetahuinya caranya cek samsung asli disitu.

kode cek tipe hp samsung android

Lalu kamu bisa ketik di Google tipe yang sudah terlihat maka kita akan segera tau model Samsung yang dipake. Dari Google dapat diketahui model Galaxy J1 Ace dari tipe hp SM-J110G/DS yang sudah kita cek.

mengecek tipe model hp lewat google

#2 Cek Tipe Hp Samsung dari Sticker

Nah selain dengan kode rahasia kita juga bisa langsung cek dari sticker yang berada di dalam tempat bateray. Agak ribet sih, apalagi kalau hape Samsung kamu termasuk jenis baterai tanam. Cara lainnya kamu bisa melihatnya sticker yang menjelaskan tentang tipe, serial number, juga IMEI Samsung di box.

cek tipe hp dengan imei

Setelah tau IMEI Samsung kita bisa mengecek model atau tipe hp dari website pengecek imei.info, lalu masukkan saja nomor IMEI seperti yang saya tandai kotak merah, centang I’m not a robot kemudian tekan CHECK. Nah tuh ternyata Samsung Galaxy S4 dengan IMEI yang ada pada sticker box hp!

cek imei samsung

#3 Cek Tipe Hp Samsung melalui Pengaturan

Kalau dari pengaturan juga sangat efektif untuk mengetahui tipe handphone Samsung yang belum kamu ketahui ataupun memang lupa tipenya berapa. Dengan melalui pengaturan telepon kamu juga bisa segera tahu tipe hp. Caranya buka Pengaturan > About Phone (Tentang perangkat)

tentang perangkat samsung

Catatan: Untuk yang menu “Nama perangkat” karena ini bisa dirubah sesuka hati, jadi tidak bisa dibuat patokan pasti kalau pemilik sudah pernah mengganti nama tsb. Yang akurat “Nomor model” kamu bisa mengecek dengan bantuan Google.

#4 Cara Cek Tipe Hp Samsung lewat Aplikasi

Selain ketiga cara cek diatas kamu juga bisa mengecek tipe dari aplikasi atau secara online. Aplikasi untuk cek tipe hp ini sudah tersedia di Play Store, kita tinggal unduh aja. Aplikasi ini bernama CPU-Z dari situ sangatlah lengkap. Kita bisa mengecek GPU (Graphic Processor Unit) ini biasanya digunakan untuk bermain game.

aplikasi cek tipe handphone

Nah, untuk mengetahui GPU yang digunakan kita bisa pakai CPU-Z. Miasalnya mau main GTA lite versi Android dan belum yakin bakalan nge-lag apa nggak ya? cek aja dulu.

Dari informasi cara cek tipe hape Samsung di atas maka kamu sudah paham caranya jangan pernah lagi bertanya “berapa tipe hp samsung yang saya gunakan?”