Cara Menarik Uang di ATM BCA Beserta Gambar Simulasi Baru

Panduan cara menarik uang di ATM BCA ini saya tulis untuk pemula jika ingin mengambil uang di ATM namun belum paham langkah-langkahnya. Di zaman now transaksi keuangan sangatlah dipermudah oleh pihak bank. Selain sebagai nasabah bank BCA untuk bank lain seperti Mandiri, BRI, BNI juga telah memberikan fasilitas mesin ATM dimana-mana.

Seperti yang banyak kita lihat, ATM bukan hanya di mall besar saja namun pada minimarket seperti Indomaret dan Alfamart juga sudah banyak banget. Kemarin saat saya ambil uang di ATM BCA yang berada di lokasi Indomaret.

Lalu saya melihat seorang bapak-bapak yang mungkin saja baru pertama kali menggunakan ATM untuk tarik tunai. Sepertinya dia belum tau bagaimana cara mengambil uang di ATM BCA? akhirnya dia menanyankan ke orang lain di sebelahnya. Jika teman-teman mengalami masalah yang sama maka saya mencoba memberikan solusi prosedur penarikan tunai di mesin ATM beserta gambarnya.

Cara Menarik Uang di ATM BCA Beserta Gambar Simulasi

Sebaiknya untuk melakukan transaksi tarik uang di ATM carilah mesin ATM dari bank yang sama. Karena jika kita mengambil uang dari ATM bersama maka akan dikenakan biaya penarikan untuk ATM Prima Rp. 7500 dan jaringan ATM Cirrus Rp. 25000 mahal juga kan?

1. Jika sudah menemukan ATM BCA dengan pecahan 50 atau 100 ribu maka silahkan masukkan kartu ATM kedalam slot atau tempat kartu. Tipsnya agar tidak kebalik coba lihat contoh kartu yang tertempel dibawah slot tsb, gampangnya logo bank BCA berada di atas.

cara mengambil uang di atm bca

Catatan: Karena saya menggunakan kartu Xpresi BCA tampilannya seperti gambar diatas jadi jangan bingung boleh lihat gambar dari keempat jenis rekening BCA: Platinum, Xpresi, Blue, Gold.

2. Kalau sudah berhasil masuk maka langkah selanjutnya adalah mengisikan PIN dengan menekan pada tombol yang sudah disediakan. Lalu jika ada banyak orang sebaiknya tutuplah menggunakan tangan kiri.

langkah cara mengambil uang di atm bca

3. Kemudian jika telah muncul tampilan menu utama pada layar langsung tekan saja jumlah uang yang tertera. Tapi jika kamu mau menarik uang dengan jumlah yang diinginkan (misalnya 200) bisa masuk ke menu “Transaksi Lainnya”

contoh cara mengambil uang di atm bca

4. Karena dari simulasi ini saya ambil uangnya langsung menekan nominal 500 ribu. Kelemahannya jika kita langsung memilih menu tarik tunai dari jumlah yang ada tidak akan keluar struk untuk cek saldo BCA.

cara menarik uang di atm bca

5. Tunggulah sebentar penarikan uang sedang diproses, proses ini tidak lama hanya beberapa detik saja jika mesin ATM memang normal.

teks prosedur penarikan tunai di mesin atm

6. Setelah uang keluar dari mesin ATM silahkan ambil uangnya dulu lalu simpan dalam dompet atau saku.

cara mengambil uang atm bca

8. Selanjutnya jika muncul tulisan dilayar ATM “Ingin transaksi lainnya bla bla bla?” tekan Tidak. Langkah terakhir, tarik kartu ATM yang sudah keluar. Awas hati-hati jangan sampai ketinggalan ya!

cara mengambil uang di atm bca beserta gambarnya

Gimana sangat mudah kan cara mengambil uang di ATM BCA? yang perlu diperhatikan adalah saat memasukkan kartu agar tidak kebalik. Jika memang terbalik maka kartu ATM bisa tertelan. Kalau ini sampai terjadi langsung saja hubungi call center BCA untuk memblokir ATM, biasanya ada sticker Hallo BCA 1500888 di mesin ATM. Kamu bisa telepon ke nomor tersebut lalu mengikuti prosedur menyampaikan namamu, nama ibu kandung untuk meminta blokir ATM sementara.

Selain itu saat mengetikkan PIN jangan sampai salah 3 kali ya, kalau memang salah dua kali saja jangan diteruskan ini juga menyebabkan ATM BCA terblokir. Lalu bagaimana agar saat proses menarik uang di ATM lebih aman? Boleh menerapkan tips-tips berikut ini:

  • Ketika mengambil uang di ATM yang sepi sebaiknya jangan sendirian. Lebih baik pilihlah lokasi sekitar ATM yang agak ramai demi keamanan.
  • Jika ada masalah jangan panik dan jika ada apa-apa sebaiknya jangan langsung percaya ke orang yang baru kamu kenal. Misalnya ATM ketelan dia menawarkan bantuan lalu dia juga menanyakan nomor PIN BCA kamu.
  • Jika sudah selesai melakukan transaksi maka tunggulah sampai kartu ATM keluar dan jangan sampai tertinggal didalam slot kartu.
Oh iya kalian perlu mengetahui berapa maksimal tarik tunai ATM BCA? Hal ini tergantung dari jenis kartu ATM yang kamu gunakan dan ketentuan ini berlaku dalam satu hari yang sama.
  • BCA Silver: Rp. 7.000.000
  • BCA Gold: Rp. 10.000.000
  • BCA Platinum: Rp. 10.000.000

Sekian semoga membantu.