Caranya Buat Akun Google lewat Hp Redmi 5A (Tambah Gmail MIUI 9)

Mau buat akun Google lewat hp Redmi 5A, tapi masih tidak bisa atau gagal? coba ikuti saja langkah-langkah berikut dan baca informasinya. Biasanya hp Xiaomi seri Redmi 5A ini didapatkan melalui flash sale Lazada atau dibeli dari toko online yang menjual Redmi 5A hasil flash sale. Ada sedikit perbedaan tata letak menu di MIUI 9 untuk menambah akun Google dari versi sebelumnya.

Jika teman-teman belum terbiasa menggunakan hp Xiaomi tentunya membutuhkan penyesuaian. Apalagi yang memang belum biasa bikin akun Google sendiri di Android, dulunya hanya pasrah dibuatkan orang lain. Lewat artikel ini kamu akan dipandu membuat akun Google di Redmi 5A yang tentunya bisa digunakan untuk mengaktifkan Play Store dan aplikasi email Gmail di hp serta produk Google lain.

cara buat akun google lewat hp redmi 5a tambah gmail MIUI 9
Akun Google di Xiaomi

Apa Penyebab Tidak Bisa Buat Akun Google?

Jika kamu mengalami masalah masuk akun Google di Android atau tidak bisa tambah akun di MIUI 9 maka perhatikan tips di bawah ini:

  • Google Play Service: yang pertama perhatikan aplikasi sistem ini, jika ingin daftar akun Google namun server tidak bekerja maka silahkan perbarui Google Play Service. Biasanya hal ini akan terjadi secara otomatis jika hp Android sudah ada paketan internet atau terhubung ke wifi. Seperti kemarin saat saya mengaktifkan Redmi 5A pertama kali dan memang belum ada akun Googlenya.
  • Batasan umur: akun Google mempunyai syarat & ketentuan yang harus dipenuhi, di Indonesia batasan umur pengguna yang boleh mendaftar akun minimal berusia 13 tahun. Jika untuk pelajar yang memang kebutuhannya untuk pelajaran, kalau belum cukup umur bisa memakai data perwalian orang tua.
  • Alamat email sudah digunakan orang lain: kalau masalah yang ini pastinya bisa diatasi dengan cara membuat nama alamat email yang unik belum di daftarkan pengguna lain. Biasa kita bayangkan berapa banyak pengguna baru yang mendaftar akun secara bersamaan. Lalu bagaimana caranya? kombinasikan nama akun Gmail dengan titik dan angka, bisa lihat contohnya di bawah.

Cara Buat Akun Google lewat Hp Redmi 5A

Sekarang yuk ikutin buat akun Google lewat hp! jika sudah memahami info dan tips di atas maka lanjut ke cara bikinnya. Siapkan nomor hp yang akan digunakan nomor pemulihan akun jika lupa kata sandi, sebaiknya gunakan nomor utama yang sudah teregistrasi.

NB: Jika ingin menuju ke panduan dengan tampilan baru silahkan klik link berikut

1. Jika smartphone sudah siap (terkoneksi dengan internet) sekarang pergilah menuju menu setelan di Xiaomi Redmi 5A. Jika menggunakan tema standar ikonnya akan seperti gambar berikut, pastinya sudah tau ya!

buat akun google lewat hp redmi 5a
Menu setelan telepon Xiaomi

2. Kemudian geser layar ke atas untuk menemukan menu berikutnya yaitu “Sinkron” lalu pada tampilan berikutnya “Tambah” lanjutkan dengan memilih ikon “Google”. Urutkan saja dari gambar kiri ke kanan ya guys!

cara buat akun google lewat hp redmi 5a
Pilih: Sinkron > Tambah > Google

3. Tunggu sebentar jika kamu melihat tampilan seperti gambar yang kiri di bawah ini, kemudian jika sudah tampil laman masuk akun Google yang perlu ditekan adalah tombol “Buat akun”

cara membuat akun google di xiaomi redmi 5a
Tunggu untuk Memeriksa info > pilihlah Buat akun

4. Dari langkah yang ini silahkan mengisi data diri yang sesuai dengan nama depan dan belakangmu. Jika mempunyai nama lebih dari dua suku kata boleh memakai nama depan serta nama yang paling belakang saja.

tambah akun google xiaomi
Contoh mengisi nama akun Google

5. Langkah lanjutannya mengisi tanggal, bulan dan tahun kelahiran serta jenis kelamin (opsional).

buat email baru lewat hp xiaomi redmi 5a
Isi data tanggal kelahiran & jenis kelamin

6. Setelah itu silahkan bikin alamat Gmail dengan namamu lalu ditambah dengan titik & angka biar lebih unik. Agar tidak terjadi notif  “Nama pengguna tersebut telah digunakan. Coba yang lain.”

contoh akun google di android xiaomi redmi 5a
Contoh akun Gmail dengan titik dan angka

7. Lalu buatlah kata sandi dengan campuran huruf besar kecil angka dan simbol. Agar tidak lupa kata sandi akun silahkan mencatatnya dulu sebelum melanjutkan proses berikutnya.

contoh password akun google
Kata sandi yang kuat bercampur angka / simbol

8. Ketikkan nomor hp yang digunakan pada Redmi 5A atau yang dipakai di hape lain.

cara verifikasi nomor hp akun google
Masukkan nomor hp aktif

9. Masukkan kode yang sudah diterima pada SMS atau tunggu saja proses verifikasinya akan berjalan otomatis jika menggunakan nomor di hp Redmi 5A tsb.

tidak bisa tambah akun google di xiaomi miui 9
Proses verfikasi no hp di akun Google

10. Scroll layar hp ke atas lalu tekan “Saya Setuju” > “BERIKUTNYA

cara membuat email di hp
Privasi akun Google

11. Done

Cara Mengaktifkan akun Play Store di Redmi 5A

1. Buka aplikasi Play Store

cara mengaktifkan akun play store xiaomi redmi 5a
Aplikasi Play Store

2. Maka akan tersinkron secara otomatis ke akun Google yang baru.

cara aktifkan akun play store xiaomi baru
Aktifkan Play Store di Xiaomi Redmi 5A

Cara Mengaktifkan akun Gmail di Xiaomi Redmi 5A

1. Buka aplikasi Gmail dari kumpulan aplikasi Google di Xiaomi

cara mengaktifkan akun gmail di android xiaomi
Aplikasi Gmail

2. Kemudian lewati saja ucapan selamat datangnya
3. Sudah aktif deh, Gmail siap dibuat untuk daftar akun media sosial dan berikirim email.

cara mengaktifkan gmail di hp redmi 5a
Mengaktifkan Gmail di Xiaomi MIUI 9

Sekian dulu panduan tentang buat email baru lewat hp Redmi 5A atau menambah akun Google untuk mengaktifan Play Store dan juga Gmail. Semoga terbantu dari panduan buat akun Google ini!