5/22/2018

8 Jenis Kartu e-toll Card Terbaik Beserta Tempat Beli dimana?

Berikut ini adalah info tentang 8 jenis kartu e-toll serta kartu apa saja yang bisa dipakai untuk bayar tol dan cara menggunakan e-toll card. Dan tempat alternatif untuk beli kartu e-toll dimana? Banyak orang yang memilih untuk melewati jalan tol demi menghindari kemacetan termasuk pengendara roda 4.

Belum lagi musim mudik lebaran, liburan dan musim tertentu lainnya, akibatnya antrian di gerbang tol menumpuk salah satu masalahnya adalah pembayaran pengguna jalan tol banyak yang tidak membawa uang pas. Hingga akhirnya pemerintahan membuat peraturan kepada pemakai jalan tol.

Saat ini pembayaran tol di indonesia diharuskan menggunakan e-Toll card. Peraturan ini di buat semenjak tanggal 31 Oktober 2017 yang lalu demi meningkatkan efisiensi pembayaran nontunai, tentu saja guna untuk mempermudah transaksi agar lebih praktis dan cepat saat di antrian gerbang pembayaran.
Jenis kartu e-toll
Kalau sebagian dari kalian masih belum punya e-toll atau bahkan belum tau apa itu E-toll, akan saya bantu jelaskan jenis kartu dan cara beli kartu e-toll dimana guna untuk mempermudahkan. Sebelum itu kita simak dulu, apa sih yang dimaksud e-toll itu?

E-toll adalah sejenis kartu elektronik yang digunakan sebagai pembayaran masuk jalan tol. Dan cara menggunakan e-toll pun sangat mudah, tinggal menempelkan kartu e-toll card ke mesin yang sudah disediakan di pintu masuk gerbang tol mungkin hanya butuh waktu 4 detik untuk menunggu tranksaksi pembayaran selesai, tentu lebih cepat jika di bandingkan membayar dengan cara tunai.

Penggunaan e-toll juga mengurangi biaya operasional karena hanya diperlukan biaya untuk mengumpulkan, menyetor, dan memindahkan uang tunai dari dan ke bank. Dan berikut ini merupakan jenis kartu e-toll yang bisa digunakan untuk masuk gerbang tol GTO (Gerbang Tol Otomatis).

8 Jenis Kartu e-toll Card Terbaik Beserta Cara Beli Dimana

1. e-Toll Card

Yang pertama ini di terbitkan oleh bank mandiri dengan pengelola jalan tol. Berikut juga beberapa pengelolah yang ikut berkerjasama, Cipta Marga Nusaphala Persada, Marga Mandala Sakti, dan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta.

Kartu ini bisa kamu dapatkan dengan membeli di Bank Mandiri dan outlet Indomaret di wilayah Jabodetabek. Kartu e-toll Card ini juga bisa kalian beli di gerbang jalan tol dengan minimal saldonya Rp 10 ribu sampai dengan Rp 1 juta. Untuk beli kartu e-toll dimana lagi? kalian bisa menuju toko online dengan penjual terpercaya seperti BliBli, Bukapalak dll.

Selain itu Bank Mandiri juga mengeluarkan e-Money, Indomaret Card, dan Gaz Card, dan semuanya bisa dipakai buat bayar tol loh. Tapi ada perbedaan satu sama lain sesuai dengan fungsi masing-masing. Nanti jenis kartu tersebut juga akan saya jelaskan di bawah ini.

2. E-Money Indomaret Card

Keluaran Bank Mandiri yang satu ini memiliki fungsi dan kelebihan selain untuk dapat digunakan prabayar di tol dan SPBU yang menerima E-Money kamu juga bisa berbelanja di gerai Indomaret, kamu juga bisa dapat diskon.

Cara mendapatkan Indomaret Card pun cukup mudah, tinggal mendatangi Otlet Indomaret di kota kamu, lalu langsung menjelaskan kepada petugas Indomaret niatmu. Syaratnya hanya mengisi formulir yang sudah di sediakan dan melakukan pengisian saldo di Indomaret dengan minimal saldo Rp 50 ribu (bisa bayar tunai).

3. GazCard

Kali ini Mandiri bekerjasama dengan Pertamina meluncurkan sebuah e-toll card yang di namai GazCard, fungsi dan keunggulan kartu ini tidak beda jauh dengan yang tadi, selain untuk transaksi di tol kartu ini juga bisa gunakan untuk pembayaran Indomaret, SPBU, beberapa merchant F&B, dan sebagainya.

Untuk kartu e-toll GazCard cara membeli hanya di bank Mandiri. dengan pengisian saldo atau Top up minimal Rp 10 ribu dan maksimalnya Rp 1 juta.

4. Mandiri E-money

Masih pengeluaran bank Mandiri, karena sama-sama keluaran mandiri jadi semua fungsinya sama dengan apa yang saya terangkan di atas tadi hanya saja namanya yang berbeda.

Kartu ini lebih mudah kita dapatkan, kamu bisa datang ke Bank penerbit e-money, kantor gerbang tol dan minimarket yang ada di kotamu seperti Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Lawson, dan Circle K.

Harga e-money Mandiri berkisar Rp 20 ribu untuk kartunya saja.

5. Flazz BCA

Jika tadi keluaran dari bank Mandiri, kali ini dari bank BCA. Dulunya kartu Flazz tidak bisa dipakai untuk sejumlah jenis jalan tol, namun setelah 31 Oktober BCA telah bekerjasama di semua jalan tol, yang artinya sekarang bisa pakai transaksi di sebagian besar tol Indonesia.

Berikut sebagian tol yang bisa di lewati dengan melakukan transaksi menggunakan kartu Flazz BCA dalam Jabodetabek maupun luar Jabodetabek.

Kartu ini dapat di beli pada Bank BCA tentunya atau bisa membeli Flazz BCA di Alfamart. Saldo bisa di isi ulang dengan saldo minimal Rp 20 ribu, 50 ribu sampai saldo maksimal Rp 1 juta. Isi ulang pun dapat dilakukan dengan cara melalui m-banking BCA atau internet banking BCA.

6. BNI TapCash

BNI juga memiliki produk pembayaran tol yang di beri nama BNI TapCash untuk tol di sejumlah ruas di Jabotabek maupun luar Jabotabek.Berikut adalah gerbang  tol yang bisa kamu lalui dengan kartu BNI TapCash.

Gerbang Tol Jabodetabek dengan ruas sebagai berikut:

  • Tol Dalam Kota
  • Tol Bogor Selatan
  • Tol Meruya-Ulujami
  • Tol Jakarta-Tangerang
  • Tol Jakarta Outer Ring Road

Sedangkan Gerbang Tol Non Jabodetabek dengan ruas sbb:

  • Tol Surabaya
  • Tol Makassar
  • Tol Semarang
  • Tol Medan
  • Tol Palimanan – Brebes Timur
  • Tol Cikarang –Palimanan
  • Tol Palimanan – Purbaleunyi
  • Tol Cikarang – Purbaleunyi
  • Tol Bali – Mandara

Sedangkan kartu e-toll ini bisa kamu beli jika kamu langsung ke kantor cabang BNI terdekat atau beberapa outlet yang telah berpartner dengan BNI TapCash. Saldo yang bisa di isi maksimal sebesar Rp 1 juta.

7. Brizzi BRI

BRI ikut melakukan penawaran berupa kartu e-Toll  kepada pengguna roda 4 yang di beri nama Brizzi BRI. Brizzi BRI mengeluarkan banyak kelebihan untuk menarik pemakai dengan cara selain dapat digunakan sebagai alat pembayaran nontunai yang digunakan untuk prabayar tol Brizzi juga dapat untuk pembayaran nontunai diberbagai merchant.

Untuk saat ini kami masih belum tau pasti apakah bisa digunakan untuk pembayaran ke semua tol di seluruh indonesia atau belum.

Kartu ini dapat di miliki dengan langsung membeli di Bank BRI atau di sejumlah gerbang tol yang hanya menawarkan produk ini. Brizzi BRI merekomendasikan pembayaran dengan angka nomimal dari Rp10 sampai Rp 1 juta.

8. Blink BTN

Pada jenis kartu e-toll selanjutnya ada Blink BTN. Ternyata bank yang satu ini juga ikut serta dalam perubahan pembayaran tol ini. Ada sekitar 600.000 kartu yang siap disebarkan kepada pengguna pada bulan September kemarin.

Kita bisa dapatkan kartu e-Toll tersebut jika langsung mendatangi kantor cabang BTN. Untuk pengisian top up Blink bisa dilakukan di halte TransJakarta atau merchant retail seperti Indomaret.

Alangkah baiknya jika kita segera beralih ke e-toll card karena memang sudah diwajibkan untuk memasuki gerbang tol GTO. Dari informasi di atas juga sudah saya terangkan jika fungsinya tidak cuma untuk transaksi di tol saja, untuk belanja dan pembayaran lainnya pun bisa, jadi pilihlah yang sesuai kebutuhanmu.

Selain pembelian kartu e-toll di tempat-tempat yang sudah dijelaskan di atas. Teman-teman juga bisa membeli melalui toko online seperti Bukalapak, Tokopedia dan olshop lainnya. Jadi sekarang kamu tidak perlu bingung e toll card beli dimana. Namun tetap perhatikan penjual yang baik dan jujur!

Dengan beralihnya sistem pembayaran seperti ini kita juga bisa membantu mempercepat antrian di gerbang tol, jadi tidak ada salahnya jika kita dialihkan menggunakan ke e-toll. Mari dukung Pemerintah untuk mewujudkan Gerakan ‘Cashless Society’.

Jika masih ada lagi jenis kartu e-toll dan belum saya bahas di atas saya mohon maaf, semoga artikel saya bermanfaat dan dapat membantu pencerahan kalian. Terima kasih.
 
Scroll to top