7/31/2018

Pengalaman Melaporkan Blog Copas Artikel ke Google DMCA

Mau melaporkan blog yang copas artikel ke Google DMCA? lalu belum tau bagaimana cara yang diperlukan agar mudah diterima. Karena ini merupakan pengalaman yang saya alami sendiri maka kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya. Ada trik tersendiri yang dapat diupayakan agar laporan di approve tim Google DMCA.

Memang sudah banyak yang membuat postingan seperti ini, namun sepertinya ada yang kurang lengkap. Jadi saya mencoba untuk berbagi pengalaman kepada teman-teman blogger yang konten artikelnya dicuri orang. Jangan sedih dan nggak usah nangis dulu ya! terus nggak usah lebay lapor ke polisi atas pencurian konten artikel di blogmu.
Google DMCA

Apa itu DMCA Google?

DMCA Google adalah alat yang dipersiapkan untuk melindungi konten website kita dari pembajakan. Banyak sekali blogger nakal yang berusaha ngopas mentah-mentah seluruh isi postingan pada blog kita. Kemudian cara yang paling efektif adalah menemukan URL blog-blog pencuri artikel tadi lalu melaporkan ke DMCA, jika laporan kita diterima maka URL posting akan masuk ke Lumen database

Apa tujuan pengopas artikel blog?

Entah motifnya apa, kok orang lain suka copy paste artikel diblog kita yang susah payah kita bangun bertahun-tahun. Mungkin saja mereka berharap menghancurkan blog kita dengan cara seperti itu. Apakah duplikat konten masih berlaku, di era algorithma SE Google modern?

Atau memang belum paham bahwa Google telah mempunyai sistem perekam posting artikel kita, siapa yang terindeks pertama kali dan selanjutnya disebut original konten. Meskipun mereka memundurkan tanggal postingan, rasanya trik jadul itu sudah tak berpengaruh.

Cara Mengetahui Blog yang Copas Artikel Kita

Sebelum melaporkan ke Google DMCA maka kamu perlu mengetahui atau mencari blog yang telah mencuri artikel di blog kita. Ada beberapa cara yang harus kalian lakukan, contohnya akan saya jelaskan berikut ini.

1. Langkah pertama segera buka halaman pencarian Google.
2. Kemudian kamu bisa mengetahui blog yang copas dengan cara memasukkan kedalam kolom pencarian dengan tambahan tanda " diawal dan akhir judul postingan.
cara mengetahui blog di copas
Contoh pencarian dengan judul postingan
3. Setelah itu silahkan mengcopy penggalan kalimat di postingan dari blogmu, selanjutnya tambahi dengan tanda " didepan dan belakang penggalan kalimat tadi.
cara mencari pencuri konten artikel blog
Contoh mengetahui blog copas dengan kalimat di postingan
Contoh kalimatnya: "Sebenarnya sangat mudah kok, namun kamu boleh mengikuti langkah-langkah dan tips yang saya tulis."

4. Jika muncul beberapa blog yang mirip dengan judul post atau penggalan kalimat di blogmu maka kemungkinan dialah pencurinya, jadi seperti contoh gambar di atas kita bisa tau pencuri konten blog mana saja. Segera kumpulan URL-URL dalam notepad untuk langkah selanjutnya.!

Cara Melaporkan Blog Copas Artikel ke Google DMCA

Kalau sudah mengetahui blog yang mencuri artikelmu maka kamu bisa segera melapor ke DMCA dengan mengikuti detail step by step berikut ini.

1. Untuk tahap awal kalian perlu menuju tautan untuk membuka dashboard Google DMCA link
2. Silahkan login ke akun Google jika kamu masih belum masuk. Namun jika sudah silahkan memilih "Create a new notice" dari menu yang tampil pada dashboard.
cara melaporkan blog copas ke google dmca
Dashboard Google DMCA
3. Nah setelah itu kamu akan dibawa ke tampilan seperti contoh gambar ini. Maka kamu boleh mengisi kolom-kolom yang diminta. Lihat keterangan di bawah ini!
cara lapor blog copas artikel ke google dmca
Informasi kontak
First name: gunakan nama depan dan nama tengah
Last name: isi dengan nama akhirmu
Company name: isilah dengan nama blog
Copyright holder you represent: Self (perorangan), beri tanda centang untuk konfirmasi
Email address: isi email yang digunakan pada blog yang dicopas
Country region: pilihlah negara tempat tinggalmu

Catatan: untuk bagian nama, saya sudah mencoba menggunakan author pofile tapi tetap ditolak saat pelaporan yang pertama kali. Terus saya coba untuk melapor lagi dengan mengisi nama depan dan nama belakang sesuai denagan nama asli saya.

4. Jika bagian atas sudah terisi maka lanjut untuk memasukkan kata-kata pelaporan agar tim DMCA paham kalimat mana yang diduga dicopas orang lain.
cara menghapus blog copas di google index
From pelaporan ke DMCA
Keterangan di gambar:
A. Silahkan copy all lalu sertakan pada kolom pelaporan di bagian paling atas. Ditambahi dengan tanda " diawal dan akhir kalimat pelaporan. Jika ingin bukti lebih kuat kamu bisa menambahkan or lalu tetap ditambah tanda " diawal serta akhirnya.

B. Kemudian kamu harus memasukkan url postingan yang telah terkena copas dari blogmu di bagian tengah.
C. Lalu pada bagian ini adalah url postingan dari blog pencuri artikel. Pada contoh ada 4 blog yang telah mengcopas artikel di blog saya.

NB: nah untuk melaporkan postingan lainnya kamu bisa klik "Add a new group" ulangi seperti contoh di atas. Sekali laopr bisa sampai 10 group kok (sepuluh judul postingan blogmu).
5. Pada langkah terakhir silahkan mencentang kotak box untuk menkonfirmasi, kemudian isi dengan tanggal kapan kamu melaporkan, sesuaikan fromatnya ya!
Pengalaman Melaporkan Blog Copas Artikel ke Google DMCA
Konfirmasi - Signature - Submit
6. Silahkan tunggu dalam lima hari kerja akan diterima atau ditolak. Jika diterima maka kamu akan menjumpai seperti screenshot berikut ini.
cara lapor blog copy paste ke dmca google
Laporan yang diterima Google DMCA
7. Blog copas sudah hilang di hapus oleh Google dari index dan masuk lumen database. Coba di Google dengan judul artikelmu, jika muncul notifikasi seperti ini silahkan klik untuk membuka halaman lumen database.
Keluhan DMCA untuk masuk halaman Lumendatabase
blog copas masuk lumen database
Laman Lumen Database
Dapat ditarik kesimpulan bahwa agar mudah diterima oleh tim Google DMCA banyak upaya yang bisa kita lakukan. Diantaranya: gunakan bahasa Inggris sebagai kata pengantar untuk melaporkan, nama depan dan belakang pakailah nama asli, kalimat yang dilaporkan harus sesuai dengan kalimat yang berada di blog pengopas. Selamat mencoba semoga berhasil!