Cara Buat eBanking BCA: Daftar Internet Banking di Mesin ATM

BCA telah banyak mengeluarkan layana untuk mempermudah transaksi nasabahnya seperti contoh fitur internet banking BCA. Nah pada kesempatan kali ini kita akan menghabiskan waktu untuk mengenal layanan e-Banking tersebut mulai dari keuntungan meggunakan sampai cara buat internet banking BCA di ATM.

Namun sebelumnya pastikan dulu bahwa kamu sudah menjadi nasabah BCA ya karena seperti yang kita tahu bahwa cara buat e-banking BCA hanya bisa dilakukan bila kita sudah memiliki kartu ATM BCA.
cara membuat internet banking
Ow iya hampir lupa sebelum daftar internet banking di ATM pastikan juga sudah meminta keyBCA ke kantor cabang terlebih dahulu karena tanpa KeyBCA nantinya tidak akan bisa melakukan bayar pulsa, bayar listrik dan berbagai macam transakasi finansial lainnya.

Loh kok bisa?

Internet banking bila tanpa disertai dengan KeyBCA hanya bisa digunakan sebatas mutasi rekening dan cek saldo saja.

Bagi kamu yang belum mengenal KeyBCA mungkin lebih baik baca bagian ini dulu deh karena fungsinya cukup penting lo sobat! Apakah sobat semua mengenal token pada dunia perbankan? nah itu dia, KeyBCA sama halnya dengan token atau lebih tepatnya BCA menamai token mereka dengan panggilan KeyBCA.

KeyBCA telah diciptakan khusus untuk nasabah yang telah membuka rekening dan sudah mengaktifkan Internet banking BCA, dengan bantuan remot kecil tersebut kamu juga nanti bisa memiliki keamanan yang lebih karena nanti akan mengeluarkan kode yang berbeda-beda pada saat melakukan transaksi.

Jadi jika diibaratkan KeyBCA adalah sebuah gerbang didalam internet banking untuk bisa melakukan semua jenis transaksi dengan keamanan cukup tinggi.

Keunggulan Internet Banking

Untuk mengetahui lebih detail fungsi dari internet banking tersebut ayo kita simak dulu deh cuplikan di bawah ini, baiklah langsung saja tidak usah membuang-buang banyak waktu berikut adalah kegunaan dari internet banking.

  • Kemudahan transaksi
Yang pertama adalah dapat melakukan semua transaksi dengan mudah jika dulunya kita harus mencari ATM agar bisa mengirim uang sekarang sudah tidak lagi, karena internet banking bisa kita gunakan meskipun hanya dengan menggunakan ponsel, dengan demikian akan menghemat waktu dan tenaga nasabah bukan?

  • Pembayaran tagihan bulanan lebih gampang
Setiap orang pasti memiliki tagihan perbulannya seperti pulsa listrik, TV berlangganan, air, pendidikan dan lain sebagainya, nah dengan memanfaatkan fitur yang telah disediakan e-Banking kamu enggak usah repot mondar-mandir kesanan kemari karena bisa langsung dilakukan secara otomatis dengan mengatur jatuh tempo pembayaran.

Catatan: Tempat dimana kita harus melakukan pembayaran harus terhubung dengan bank (Sudah terdaftar didalam bank) terlebih dahulu.

  • Mempermudah pembayaran lainnya
Tidak cukup sampai disitu, e-Banking juga bisa kita manfaatkan untuk melakukan pembayaran ketika ingin memebeli baju pada toko online, game, buku, tiket kendaraan umum, ojek online, hotel dan berbagai macam pembelian lainnya, wah dapat membantu pekerjaan transaksi sehari-hari nih.

  • Cek saldo dan mutasi rekening
Fitur yang telah disediakan oleh internet banking BCA sangat lengkap jadi tidak hanya mampu melakukan transaksi saja namun juga bisa cek sado dan melihat data transaksi keuangan (Mutasi rekening) hanya dengan mengandalkan SmartPhone, laptop atau gadget lainnya dan tentu saja ada jaringan internet.

  • Informasi kurs yang akurat
Internet banking juga telah dilengkapi dengan fitur yang mampu menginformasikan mata uang asing, dengan demikian nasabah bisa dengan leluasa melihat informasi naik turunya mata uang  asing seperti  dolar amerika (USD) dolar singapura (SGD) Euro (EUR) dan mata uang lainnya.

  • Informasi transaksi
Selain itu informasi transaksi sudah tercatat dengan rapi dalam suatu fitur history, nah didalam fitur ini kamu bisa melihat semua data keuangan kamu mulai dari pemberitahuan keberhasilan pembayaran, uang masuk dalam rekening dan aktivitas keuangan lainnya.

  • Informasi dari pihak bank
Kita sebagai nasabah harus terus mengikuti informasi yang telah disajikan oleh bank seperti adanya progam baru, ansurasi pinjaman dan progam lainnya, kamu bisa dengan cepat mengetahu info tersebut dengan resmi didalam fitur internet banking.

Selain membagikan tentang kelebihan menggunakan internet banking kami juga telah menulis beberapa kekurangnya guna untuk nasabah agar selalu hati-hati bila nanti sudah memiliki e-Banking.

Kekurangan Internet Banking

Seperti yang kita tahu bahwa tidak ada yang sempurna didalam dunia ini, walaupun internet banking telah diciptakan dengan banyak keunggulan dan kemudahan bukan berarti tidak memiliki kelemahan sama sekali, nah apa saja kelemahan yang dimiliki oleh e-Banking tersebut? berikut adalah diantaranya.


  • Menjadi incara kejahatan online
Masalah ini sering umum dibicarakan oleh sebagian besar nasabah, loh katanya internet banking memiliki keamanan yang yang sangat tinggi? memang benar e-Banking telah memiliki keamanan yang tinggi maka dari itu biasanya penjahat berusaha membobol dengan melalui wifi gratis atau pura-pura menawarkan hadiah demi untuk mencari lalainya nasabah.

Tips: Jadi tips dari saya adalah selalu gunakan jaringan internet pribadi saat melakukan bisnis online atau hanya menggunakan jaringan yang sudah terpercaya, teliti lebih detail bila kamu menerima tawaran berhadiah yang mengatas namankan pihak bank.

  • Harus memiliki jaringan ineternet yang stabil
Seperti yang kita ketahui bahwa e-Banking adalah suatu layanan yang bisa digunakan bila perangkat memiliki jaringan internet, mungkin yang akan menjadi masalah adalah bila kita berada ditempat diamana tidak ada jaringan internet seperti perdesaan saat sedang liburan, atau yang bertempat tinggal didaerah rawan adanya sinya internet.

Tips: Jalan keluar dari kendala di atas adalah pastikan terlebih dahulu keadaan jaringan internet pada daerah yang kamu tinggali dan usahakan sudah melakukan semua transaksi bila ingin melakukan liburan kedalam perdesaan atau ke tempat plosok lainnya.


Gimana masih mau melakukan cara membuat internet banking setelah mengetahui kekurangannya? Sebenarnya kekurangan tersebut tidak akan menjadi masalah bila kamu melakukan akses dengan sangat berhati-hati serta selalu mengikuti anjuran yang telah diberikan oleh pihak bank, jadi jangan terlalu khawatir ya geas.

Cara Daftar Internet Banking BCA


Di bawah ini adalah urutan dari cara buat e-Banking BCA di ATM, aktivasi akun e-Banking BCA hingga langkah aktivasi keyBCA.

Catatan: Untuk pengambilan gambar saya terpaksa dapatkannya dari YouTube karena saya sudah buat internet banking dijauh-jauh hari sehingga tidak bisa mendaftar kembali.

  • A. Daftar internet banking BCA

1. Seperti biasanya yaitu yang pertama harus kamu lakukan adalah memasukan kartu ATM pada mesin dan mengetik kode PIN.
cara membuat internet banking
2. Bila sudah masuk lanjutkan dengan memilih menu E-Banking.
cara membuat internet banking
3. Selanjutnya klik Internet Banking lalu tekan Ya.
cara daftar BCA mobile banking
4. Buat kode PIN yang nantinya akan kamu gunakan untuk masuk ke halaman internet banking.
cara daftar BCA mobile banking
5. Masukan ulang kode PIN yang baru dibuat.
cara daftar BCA mobile banking
6. Tunggu sampai sturk yang berisikan user id keluar dari mesin ATM, bila sudah keluar simpan sturknya dan selesai deh.
cara buat internet banking BCA

  • B. Aktivasi Akun Internet Banking
Lanjut ke cara buat internet banking selanjutnya yaitu melakukan aktivasi akun e-banking dengan mengunjungi halam resmi BCA.

1. Langkah pertama kunjungi https://ibank.klikbca.com/
2. Kemudian masukan userid yang tadi kita lakukan di ATM
cara buat internet banking BCA

3. Isikan juga kolom di bawahnya dengan PIN internet banking, cek kembali kemudian tekan Login kalau sudah yakin.
4. Bila kamu sudah memsukan User Id dan PIN dengan benar maka akan muncul halaman tentang syarat serta ketentuan, geser terus kebawah lalu pilih tombol "Setuju"
cara buat internet banking BCA

5. Sip deh, masukan alamat email kamu untuk dapat menerima kode aktivasi. bagi kamu yang belum mempunyai alamat emal bisa baca artikel Cara buat email Gmail disini.
cara menggunakan internet banking BCA


  • C. Buat pin KeyBCA


Setelah selasai buat internet banking dengan mengunjungi situs web tersebut kini saatnya menggunakan KeyBCA, nah bagi yang belum punya bisa mengambil di kantor cabang BCA dengan menyertakan buku tabungan dan KTP.

1. Cek email masuk pada myBCA karena bila proses pendaftaran kamu tadi berhasil pasti akan mendapatkan kode.
2. Bila sudah mendapatkan mesin yang mirip kakulator tersebut tekan tombol merah untuk menghidupkan.
cara menggunakan internet banking BCA
3. Masukan kode KeyBCA yang terdapat pada pesan email tersebut.
4. Kemudian lanjutkan dengan membuat kode PIN baru sebanyak 6 digit, ulangi memamsukan kode PIN yang baru dibuat.
5. Bila kamu berhasil maka tampilan pada layar akan muncul tulisan APPLI
cara menggunakan internet banking BCA

  • D. Aktivasi KeyBCA


KeyBCA belum bisa kita gunakan sepenuhnya bila belum melalui proses aktivasi seperti di bawah ini.

1. Masuk kembali pada halaman https://ibank.klikbca.com/ dengan memasukan userid dan kode pin yang sudah kita buat pada proses Aktivasi interntet banking tadi.
2. Biasanya bahasa yang disajikan berupa bahasa ingris, bila ingin mengubahnya menjadi bahasa indonesia carilah menu Administration > Change Language > Indonesia kemudian Submit.
3. Bila sudah bahasa Indonesia gini kan enak, kemudian untuk aktivasi KeyBCA klik menu Adminitrasi setelah itu Aktivasi KeyBCA.
4. Setelah itu masukan nomor pada kartu ATM BCA pada kolom (Angka 16 digit yang telah terdapat pada bagian depan kartu ATM)
5. Lanjutkan dengan memasukan nomor seri KeyBCA ( Nomor seri KeyBCA terdapat pada bagian belakang)
6. Bila sudah berhasil maka akan muncul sebuah kode dimana harus diisikan pada KeyBCA nanti.
7. Baiklah sekarang kita hidupkan mesin KeyBCA, kemudian tekan angka 1 pada layar KeyBCA yang telah bertuliskan APPLI.
cara menggunakan internet banking BCA
8. Ok deh, sekarang tinggal salin aja kode yang terdapat pada KeyBCA kedalam kolom yang telah ada pada myBCA.

Jika langkah di atas tadi sudah berhasil dilakukan maka akan muncul tampilan "Aktivasi KeyBCA Sudah Selesai" Bila kamu kesulitan mengunjungi halaman BCA pada browser maka tunggu beberapa waktu dan cobalah untuk membukanya kembali karena biasanya memang agak sedikit susah LogIn.

Pastikan kamu sudah bisa melakukan buat internet banking BCA sendiri setelah membaca artikel ini karena tadi kita sudah membahas mulai dari daftar di ATM sampai aktivasi dengan menggunakan KeyBCA lengkap dengan gambar screenshot, jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada teman atau keluarga yang belum bisa melakukan cara daftar internet banking juga ya.

Mohon maaf bila terjadi kesalahan saat pengetikan dan penyampaian kata, semoga artikel ini bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel