Yang Benar! Cara Membuat Akun Google Baru di Hp Android OS N

Sebenarnya di internet, sudah banyak banget kumpulan cara membuat akun Google di Android. Tapi bagi pengguna baru yang ingin membuat akun perlu pemahaman yang benar. Sebab akun Google di hp Android adalah sarana untuk menggunakan smartphone secara menyeluruh. waduh bahasanya!

Pemahaman seperti apa sih? ya pertanyaan yang cukup bagus untuk dijelaskan. Jadi begini mengapa saya memberikan penjabaran yang saya tujukan untuk pemula. Karena biasanya seseorang yang belum paham tentang akun, akan asal-asalan dalam membuatnya.

Semoga saja tujuan artikel ini sampai kepada pembaca awam. Membuat akun yang tidak benar itu seperti apa contohnya. Misalnya kamu ingin membuat akun Google lalu kamu tidak melengkapi kedua opsi pemulihan akun. Kasus lain, melengkapi tapi tidak tau tujuannya untuk apa.

Apa itu opsi pemulihan akun?

Opsi pemulihan akun adalah pilihan metode yang dapat digunakan untuk keamanan akun berfungsi memulihkan akun jika terkunci, pemulihan kata sandi atau mengganti kata sandi yang lupa. Sampai saat ini, akun Google itu memiliki dua opsi pemulihan.

  • Yang pertama adalah nomor telepon pemulihan 
  • Opsi pemulihan kedua yaitu email pemulihan

Nomor telepon pemulihan adalah

Jadi inilah penjelasan opsi pertama, nomor telepon pemulihan merupakan nomor hp yang sudah kita tambahkan disaat membuat akun Google. Terus untuk menambah nomor di akun Google seharusnya menggunakan nomor hp yang selalu aktif.

Sebaiknya jangan sekali-kali menggunakan nomor paketan hanya sekali pakai lalu dibuang. Karena jika suatu saat nanti kita lupa sandi di akun Google lalu untuk menggantinya memerlukan nomor tersebut, yang sudah tidak aktif bakalan bingung.

Pahami disini! cara kerja pemulihan akun dengan nomor itu begini. Sistem pemulihan akun Google akan mengirim kode verifikasi melalui nomor yang digunakan saat membuat akun. Jika kode telah masuk ke nomor hp yang masih aktif sih tidak ada masalah lalu bagaimana jika nomor tidak aktif.

Bagaimana menurutmu? susah kan sebab no hp tersebut sudah dibuang atau ada tapi habis masa aktif.

Arti alamat Email pemulihan

Terus apa maksud dari email pemulihan? email pemulihan adalah alamat email lain yang telah dimasukkan kedalam opsi pemulihan akun Google. Nanti dalam langkah-langkah saya akan memberikan contoh alamat email pemulihan.

Email pemulihan bisa disebut dengan email sekunder. Lalu email utamanya itu adalah email primer. Misalnya begini, kalau saya membuat akun Google dengan alamat email Gmail bernama [email protected] lalu saya akan menambahkan email pemulihan dengan alamat email yang lain bernama [email protected]

Pada saat menemani teman membuat akun Google dia memasukkan alamat email yang sama. Jangan lakukan seperti ini ya! waktu itu teman saya membuat akun dengan nama [email protected] kemudian dia memasukkan email yang sama di opsi pemulihan akun [email protected] (ini contoh yang salah).

Karena belum paham maksud dan tujuan opsi pemulihan akun wajar saja hal ini terjadi. Kesalahan-kesalahan seperti itu menyebabkan akun Google tidak bisa diganti bila lupa kata sandi. Lah gimana mau bisa mengganti, lha wong email primernya digunakan sebagai email pemulihan.

Lalu bagaimana langkah-langkah yang benar membuat akun google baru di hp Android dan contoh melengkapi opsi pemulihan akunnya?

Cara Membuat Akun Google Baru di Hp Android versi Nougat

Teman-teman perlu mengetahui cara membuat akun Google di Android itu perbedaannya hanyalah tampilan dari versi Android. Yups hanya itu saja.

NB: Biasanya dari merek hp Andriod satu ke hp lain perbedaanya di tampilan untuk menuju menu Buat Akun Google dan sebenarnya banyak cara.

Misal pada contoh ini lewat hp Xiaomi Note 5A dengan versi Android N atau MIUI 9 akan tentu langkahnya sedikit beda jika membuat akun Google di Samsung Z4.

  1. Silahkan membuka menu Setelan ponsel, jika sudah akan muncul beberapa pilihan menu untuk menuju akun Google dengan menekan ikonnya. Pengaturan akun Google pada tampilan Android N pada Xiaomi akan muncul seperti contoh gambar berikut ini. 
    cara membuat akun google baru di hp android
  2. Kemudian akan muncul beberapa pilihan pengaturan untuk menambah akun Google, tekan pada Info, keamanan & personalisasi.
    cara membuat akun google baru di hp android
  3. Setelah loading selesai maka akan muncul beberapa akun yang sudah di buat sebelumnya, tekan tanda panah kebawah untuk melihat alamat Gmail yang sudah pernah di tambahkan lalu tekan “Gunakan akun lain”
    cara membuat akun google baru di hp android
  4. Kalau masih nge-load tunggulah loading sebentar, jika sudah maka tampilan halaman untuk masuk akun Google di Android. Nah karena kita akan membuat akun baru tekan “Buat akun”
    cara membuat akun google baru di hp android
  5. Dari laman ini sebaiknya jangan asal menulis nama, lebih baik pakai nama asli saja (baca alasannya di bawah).
    cara buat akun google baru di hp android
  6. Lengkapi tanggal lahir bulan dan tahun, lalu bagaimana jika belum cukup umur atau anak-anak. Sebab persyaratan daftar akun Google adalah 13 tahun ke atas. Gunakan data perwalian / orang tua!
    cara membuat akun google baru di hp android
  7. Kalau sudah menekan Berikutnya maka teman-teman akan diarahkan ke kolom membuat alamat email Gmail. Boleh memilih beberapa saran dari Google atau menulis sendiri dari gabungan namamu dan ditambah angka di belakangnya.
    cara membuat akun google baru di hp android
  8. Pada bagian ini juga sangat penting, agar kata sandi aman dari oknum nakal. Buatlah sandi yang tidak mudah ditebak. Hindari penulisan kata sandi menggunakan tanggal lahir, nomor kendaraan, no rumah. Tulis minimal 8 karakter dengan campuran huruf besar kecil dan kode khusus seperti (!@#$%^&*). jika sudah agar tidak lupa catatlah dulu.
    cara membuat akun google baru di hp android
  9. Di tahap buat akun Google berikut yang sudah kita bahas di atas tadi, masukkan nomor hp tanpa angka nol karena sudah terpilih kode negara Indonesia. Dan inilah yang disebut no telepon pemulihan. Kalau sudah tekan seperti yang saya beri tanda kotak merah.
    cara membuat akun google baru di hp android
  10. Sebelumnya pilih “Opsi lainnya” untuk setel nomor digunakan untuk mengamankan akun. Scroll ke bawah dan tekan “Selesai”
    cara membuat akun google baru di hp android
  11. Segera cek sms yang masuk di handphone-mu berupa kode verifikasi lalu masukkan pada kolom yang tersedia. Tapi sekarang sistem Google makin pintar, dia membaca SMS dan auto-masukin kode tersebut hehe…
    cara membuat akun google baru di hp xiaomi
  12. Kalau sudah scroll layar hp ke bawah untuk menyetujui syarat dan ketentuan akun Google. Langsung klik “Berikutnya” maka akan di bawah ke Beranda akun Google pada versi mobile smartphone.
    cara membuat akun google baru di hp xiaomi
  13. Selamat kamu sudah berhasil mengikuti panduan daftar akun Google di Android hp Xiaomi. 

Video Tutorial Membuat Akun Google baru di Hp Xiaomi 5A

Agar lebih jelas, silahkan menonton contoh pembuatan akun Google berikut ini:

Cara Membuat Alamat Email Pemulihan akun Google

Untuk membuat opsi pemulihan akun dengan email pemulihan silahkan lanjutkan menuju panduan yang ini. Namun yang perlu kamu siapkan adalah akun email Gmail atau email Yahoo yang masih aktif.

  1. Kita akan meneruskan pada langkah-langkah di atas untuk menambah email pemulihan di akun Google.
    cara membuat akun gmail baru di hp xiaomi
  2. Kemudian lanjutkan dengan menuju ke menu Keamanan lalu tekan “Email pemulihan” tambahkan alamat email.
    cara membuat akun gmail baru di hp xiaomi
  3. Kemudian masukkan kata sandi dengan dilanjutkan menekan sesuai tanda kotak merah “TAMBAHKAN EMAIL PEMULIHAN”
    contoh membuat email pemulihan lewat hp android
  4. Selanjutnya ketikkan alamat emailmu yang lain, seperti pada contoh email pemulihan ini saya menggunakan akun Gmail saya yang berbeda dengan email primer-nya. Hal tersebut sudah saya jelaskan di uraian atas.
    cara membuat email yang benar
  5. Email pemulihan diupdate. Done.

Kenapa Harus Menggunakan Nama Asli untuk Akun Google?

Google menyarankan kita saat bikin akun Google atas nama sendiri bukan berpura-pura menjadi orang lain. Manfaatnya apa? dengan data diri asli, bermanfaat untuk mencari alamat Gmail yang lupa atau bantuan untuk memulihkan akun.

Tips Membuat Kata Sandi Akun Google yang Aman

Mengapa saya menyarakan saat buat kata sandi tidak boleh menggunakan data diri seperti alamat, nomor kendaraan dan data diri lainnya. Karena ini mudah ditebak dan ditemukan pada KTP, SIM atau Paspor di dalam dompet kita.

Jangan memakai password umum untuk akun Google-mu seperti qwerty123, 1234567890, password123, sandiku123 dan kata-kata lainnya yang serupa. Terus untuk bikin sandi sebaiknya gampang diingat dan sulit ditebak orang lain.

Berapa Usia Minimum Membuat Akun Google di Indonesia?

Cara mengatasi tidak bisa membuat akun Google dengan persyaratan usia minimum untuk anak-anak di negara Indonesia adalah dengan memberikan data diri tanggal lahir dengan data perwalian. Atau menggunakan aplikasi Google Family Link baca lebih lanjut