Cara Pesan Tiket Kereta Api Menggunakan Aplikasi KAI Access

Ditengah persaingan kendaraan umum dijaman yang modern ini kereta api tetap menjadi favorit masyarakat meski sudah bertahun-tahun lamanya, apalagi mulai September 2014 lalu pemesanan tiket kereta bisa dilakukan dengan online baik menggunakan aplikasi KAI access atau mengunjungi situs resmi KAI.

Alasan mengapa banyaknya masyarakat menggunakan kereta api adalah harga yang cukup murah bila dibandingkan dengan kendaraan darat lainnya selain itu juga selalu sampai pada tujuan dengan tepat waktu, ya gimana enggak tepat waktu kan kereta api anti macet dan sudah tertata sesuai prosedur.
KAI Access Online
Bila kamu adalah sesorang yang mencintai kendaraan masal ini tentunya harus wajib coba memesan tiket dengan menggunakan aplikasi KAI access tersebut karena selain bisa membeli tiket kapanpun dan dimanapun. Enaknya lagi kita akan mendapatkan informasi tentang daftar harga tiket seperti pemesanan tiket lebaran, naik turunya harga pada tempat tertentu dan masukan lainnya.

Registrasi Aplikasi KAI Access

Aplikasi KAI access tidak dapat digunakan untuk memesan tiket kereta bila belum melakukan registrasi KAI access. Tenang saja sobat proses pendaftaran aplikasi ini tidak akan berlangsung lama kok kamu hanya tinggal mengikuti petunjuk yang saya berikan di bawah ini.

1. Dapatkan aplikasi ini secara gratis melalui PlayStore kemudian buka buka aplikasinya bila sudah selesai men-download.

2. Klik More yang berada pada bawah pojok kanan layar kemudian tab Account

3. Akan ada dua pilihan dihalaman selanjutnya yaitu adalah LogIn dan Register karena kita belum memiliki akun jadi pilih Register

4. Silahkan masikan nomor hp yang masih aktif dan buat kata sandi serta isi juga bio data kamu.

5. Tunggu hingga nomor yang kamu masukan dalam kolom pendaftaran tadi mendapatkan pesan SMS yang berisikan kode Aktivasi, bila sudah mendapatkanya salin kode tersebut pada kolom yang telah disediakan

6. Ok siap, sekarang aplikasi KAI access kamu sudah siap digunakan untuk memesan tiket kereta api secara online.

Mudah dan cepat bukan proses cara daftar aplikasi KAI access? Bila kamu masih bingung lakukan pendaftaran untuk mengaktifkan akun KAI dengan membaca artikel ini agar lebih terbantu.

Cara Memesan Tiket Kereta Api di Aplikasi KAI Access Onine

Beranjak ke cara memesan tiket dengan menggunakan KAI access saya ingin menyampaikan sesuatu bagi yang pernah membeli tiket dengan memakai aplikasi KAI, bahwa aplikasi KAI access telah diperbarui sejak awal bulan Oktober 2018 jadi cara pemesananya agak berbeda dengan versi lawasnya. Sedangkan tutorial yang kami berikan adalah gambar dari pemesanan tiket KA di bulan Desembar 2018 dan termasuk tampilan yang paling baru.

1. Pada halaman pertama aplikasi KAI access langsung saja klik Train yang berada pada sebelah kiri layar, nanti secara otomatis akan diarahkan kepada halaman seperti gambar contoh di bawah ini dimana calon pembeli tiket diharuskan mengisi stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal berangkat, kelas dan jumlah penumpang, jika sudah klik Search Ticket
cara menggunakan aplikasi kai access online
2. Lanjut ke dalam lampiran selanjutnya yaitu Departure dimana kamu bisa memilih jadwal kereta yang diinginkan, di dalam lampiran ini informasinya cukup jelas mulai dari jam pemberangkatan hingga jam sampai kereta, kelas, sub-kelas, harga tiket dan tiket yang masih ada.

Kereta yang sudah penuh akan disisihkan dari daftar jadi pilihan yang tersedia hanya kereta yang masih terdapat kursi kosong saja.
cara pesan tiket kereta di kai access
3. Selanjutnya adalah halaman Order Confirmation atau bisa dikatakan informasi kereta api yang telah dipilih. Cek semua informasi tersebut bila sudah yakin ingin memesan tiket klik centang yang telah disediakan kemudian tab Countinue.
cara memesan tiket kereta api online

4. Lanjutkan dengan mengisi data untuk calon penumpang diantaranya nama depan dan belakang, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email, alamat lengkap, nomor KTP serta pertanyaan tentang informasi calon penumpang lainya.
kai access tiket
5. Semua data yang telah kamu isi pada kolom tadi akan disimpan oleh aplikasi yang nantinya harus kamu bawa ke feron stasiun kereta api yang tadinya sudah dipesan untuk dijadikan bukti sudah membeli tiket secara online melalui aplikasi KAI.
cara membeli tiket di kai access
6. Ini adalah bagian favorit para penumpang yaitu adalah memilih tempat duduk pada kereta api. Jika kursi berwarna merah itu bertanda sudah tempati oleh seseorang sedang kan yang berwarna putih adalah kursi yang masih kosong kalau yang berwarna biru tanda tempat yang akan kamu duduki.

Untuk mengubah posisi tempat duduk klik kursi yang berwarna biru (Yang telah dipihkan oleh sistem aplikasi) kemudian tab kursi yang mau kamu pilih (Kursi yang dipilih harus berwarna putih alias belum dipesan oleh penumpang)
cara memilih tempat duduk di kai access
7. Semua sudah siap sekarang tinggal membayar tagihan harga tiketnya. Di dalam aplikasi KAI access kamu akan diberikan pilihan pembayaran sangat lengkap mulai dari KlikPay BCA, kartu kredit VISA/JCB/MASTER atau dengan via ATM/Payment Point dan melalui mini market (Alfamart, Alfamidi, Lawson, Indomaret). Hal tersebut mirip sewaktu kita booking tiket KA melalui aplikasi Traveloka

Untuk biaya pembelian tiket pada setiap metode tidaklah sama alias berbeda-beda. Pada pembuatan artikel ini jika melalui ATM/Payment Poin akan dekenakan biaya Rp 7.500 (Biasanya jumlah pembayaran digabung dengan harga tiket kereta api) namun bila menggunakan kartu kredit biayanya Rp22.000.
cara registrasi kai access
8. Setelah semua proses pemesanan telah berhasil dilakukan kamu akan mendapatkan sambutan dari aplikasi seperti gambar di bawah ini yang berarti langkah membeli tiket secara online dengan memakai aplikasi KAI tadi sudah berhasil.
pemesanan tiket ka menggunakan kai access
Ingat ya bila sudah mendapatkan sambutan keberhasilan memesan kursi penumpang pada aplikasi KAI segeralah melakukan pembayaran karena bila tidak ada transaksi selama lebih dari 60 menit maka tiket yang sudah kita pesan dinyatakan telah hangus dan terpaksa harus mengulang pembelian lagi.

Kamu bisa cek ulang informasi pemberangkatan kereta yang telah diboking dengan cara menekan More yang terletak pojok bawah kanan pada menu utama aplikasi, kemudian kik Cek Book/Pay Kode dan masukan kode bokingan kamu.

Jika kurang jelas lihat video tutorial cara memesan tiket kereta di aplikasi KAI Access berikut ini!
Jadi gimana nih cara nenesan tiket kereta api dengan menggunakan aplikasi KAI? ow iya sobat satu lagi pesan dari saya bahwa menurut informasi yang saya dapat bahwa utamakan melakukan pembayaran dengan melalui minimarket dengan alasan karena bila lewat ATM/Payment Poin sering terjadi kegagalan.

Sekian dari saya semoga terbantu dan terimakasih sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel